H Sazali Buka Simulasi dan Pembentukan KSB

* Salah Satu Solusi Mengatasi Banjir di Aceh Singkil

ACEHTREND.CO, Singkil | Dalam rangka mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam terutama banjir yang kerap terjadi, Pemkab Aceh Singkil bekerjasama dengan Dinsos Provinsi Aceh dan Kemensos RI, melaksanakan kegiatan simulasi kebencanaan dan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Aceh Singkil.

Kegiatan simulasi yang materinya dibahani berbagai kalangan secara lintas sektoral itu, dilaksanakan tiga hari, Selasa-Kamis, (12-14/12/2017) di Gedung Serba Guna Pulo Sarok, Aceh Singkil.

Menurut Wakil Bupati Aceh Singkil, H Sazali S Sos saat memberikan sambutan, kegiatan simulasi kebencanaan dan keberadaan KSB sangat diperlukan dan mendesak di Aceh Singkil.

Sebab, tujuan diadakan simulasi dan KSB itu, di samping untuk membentuk jejaring berkaitan dengan kesiap-siagaan bencana berbasis masyarakat.

Juga untuk menekan risiko dan mencari solusi terhadap semakin intennya bencana alam yang terjadi di Aceh Singkil.

Yang lebih utama lagi, kata Sazali, ingin menyiapkan masyarakat agar punya kemampuan mitigasi dan evakuasi saat menghadapi bencana banjir.

Sazali menambahkan, sebagai pemerintah dan masyarakat, kita mesti selalu tanggap dan peduli terhadap musibah yang terjadi di lingkungan kita.

Tanpa kepedulian kita, ujar Sazali, musibah terasa semakin berat dan sulit mengatasinya.

“Jadi, dengan adanya simulasi dan pembentukan KSB diyakini akan menjadi salah satu solusi dalam mengatasi banjir. Termasuk bisa meningkatkan kepedulian dan keahlian masyarakat dalam mitigasi dan evakuasi bila musibah terjadi,” ujar Sazali.

Karena itu Sazali berharap kepada peserta dan tim KSB supaya mengikuti acara simulasi dan pembentukan KSB dengan baik, serius, dan penuh semangat.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 250 orang peserta itu, selain dihadiri wakil bupati dan muspida.

Tak ketinggalan dihadiri pula oleh seluruh kepala SKPK, para camat, dan undangan lainnya.

Selesai pemberian materi simulasi selama dua hari, Kamisnya (14/12), akan dilakukan pengukuhan tim KSB Singkil di Lapangan Alun-alun. Kegiatan itu, digelar dalam bentuk upacara.[]