Santri Binaan Baitul Mal Aceh, Hafal 30 Juz Al Quran

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Sebanyak 5 orang santri binaan Baitul Mal Aceh telah mampu menghafal 30 Juz Al-Quran. 4 diantaranya merupakan penerima beasiswa penuh tahfidz alquran tingkat SMA yang saat ini duduk di kelas 2 di Dayah Al Athiyah Beurawe.

Mareka adalah Hanifa Az Zahra, Ummu Immasakin dan Putri Wahida Amalia serta Afifah Afra.

Sedangkan Dedy Khairul Akhelia tercatat sebagai santri kelas 3 di Dayah Athiyah Saree dan merupakan penerima beasiswa penuh tahfidz alquran tingkat SMP.

“Alhamdulillah, 5 santri binaan Baitul Mal Aceh telah mampu menghafal Al-Quran.

Dan ini suatu kebanggaan bagi kita semua. Insha Allah jumlah hafizd 30 juz ini akan terus bertambah,”kata Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Tgk Zamzami Abdulrani, S.Sos, Senin (11/12/2017).

Ia menambahkan saat ini Baitul Mal Aceh sangat konsen dan peduli dalam melahirkan para hafidz dan hafidzah di Aceh. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya program-program beasiswa tahfidz yang disediakan Baitul Mal Aceh.

Diantaranya Beasiswa Penuh Tahfidz Al-Quran tingkat SMP dan SMA dengan jumlah penerimanya sebanyak 104 orang. Kepada mareka diberikan bantuan berupa biaya masuk, SPP perbulan dan uang saku Rp 300 ribu selama 3 tahun.

Selanjutnya Beasiswa Tahfidz tingkat Mahasiswa sebanyak 12 orang. Mareka mendapatkan bantuan Rp 1 juta perbulan selama 2 tahun.

Juga Beasiswa Berkelanjutan Tahfidz Al-Quran Se Aceh sebanyak 418 orang. kepada mareka diberikan bantuan Rp 700 ribu perbulan selama 2 tahun.

“sampai 2017 jumlah mustahiq yang sudah di bantu melalui program tahfidz tersebut mencapai 534 orang, dengan total bantuan berjumlah Rp 4.8 Miliar lebih,” ungkap Tgk Zamzami.

Mantan Wakil Bupati Aceh Jaya ini menjelaskan beasiswa tahfidz ini merupakan salah satu program unggulan di Baitul Mal Aceh.

Dan semua penerima ini telah melalui verifikasi faktual yang dilakukan oleh Tim Baitul Mal Aceh.

Adapun tujuan dari program tersebut diantaranya meningkatkan kualitas pendidikan anak Aceh, mengurangi angka anak putus sekolah karena tidak mampu dan memberikan hak dan kesempatan yang sama untuk setiap anak dalam berprestasi dan memperoleh pendidikan selayaknya.

“melalui program ini juga dapat meringankan beban ekonomi bagi keluarga miskin. Dan yang sangat penting kita berharap akan lahir generasi muda yang mampu memahami dann menghafal Al-quran,” ungkap Tgk Zamzami.

Tgk Zamzami juga mengucapkan terima kasih kepada para Muzakki yang telah menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal Aceh. Semakin banyak zakat yang terkumpul, maka akan banyak pula maraeka yang akan di bantu.

“terima kasih kepada para Muzakki, zakat anda telah menjadikan mareka sebagai penghafal Al-Quran,” tutup Tgk Zamzami.[]