Rektor Unsyiah Lantik Dekan Baru FISIP

Dekan FISIP Terpilih, Dr. Mahdi Syahbandir SH, M.Hum. sedang diambil sumpah jabatan oleh Rektor Unsyiah didampingi Pj. Dekan FISIP Dr. Hizir (Foto: Fisip Unsyiah)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng. melantik Dr. Mahdi Syahbandir, SH, M.Hum sebagai Dekan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di Gedung AAC Prof. Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh pada Jumat (29/12).

Dalam sambutannya Rektor menaruh harapan besar kepada Dekan terpilih untuk mampu berkiprah maksimal dalam memajukan FISIP ke depan menjadi lebih baik dengan bersinergi dengan semua elemen di Fakultas dan mengedepankan kebersamaan dalam bekerja dalam tim.

“Saat ini FISIP sudah menunjukan banyak perubahan positif dan saya harapkan trend tersebut dapat terus dijaga dan ditingkatkan. Targetnya minimal semua program studi di FISIP terakreditasi B dalam jangka pendek,” kata Samsul Rizal.

Dekan FISIP terpilih Mahdi Syahbandir mengatakan bahwa dirinya menginginkan FISIP di masa datang dapat lebih banyak lagi memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan sosial politik baik dalam skala lokal, nasional dan internasional.

“FISIP dimana-mana merupakan potensi yang sangat berpengaruh dalam merespon beragam isu-isu sosial dan politik terkini, ke depan kita berharap FISIP Unsyiah dapat lebih maksimal lagi memainkan peran tersebut”, tuturnya ketika diminta tanggapannya mengenai program-program unggulan FISIP dibawah kepemimpinannya.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut mantan Penjabat Dekan FISIP, Dr. Hizir yang juga sebagai Wakil Rektor I Unsyiah.

Hizir menyebutkan bahwa salah satu tanggungjawab besarnya sebagai Pj. Dekan FISIP adalah menyukseskan pemilihan Dekan baru dikarenakan masa bakti Dekan yang lama telah berakhir.

“Saya senang bahwa proses transisi kepemimpinan di FISIP berlangsung dengan lancar tanpa ada ada kendala yang berarti. Dekan terpilih adalah aspirasi dari internal FISIP yang wajib kita dukung, apalagi dalam waktu dekat salah satu prodi di FISIP akan menghadapi reakreditasi, ini membutuhkan kepemimpinan yang solid untuk mencapai hasil yang maksimal”, ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia, Rahmat Saleh, M.Comn. menyebutkan bahwa pemilihan Dekan FISIP telah berlangsung dengan baik dan telah memenuhi semua tahapan.

“Kami senang melihat antusiasme para kandidat yang mendaftar sebagai calon Dekan FISIP dan faktanya kami juga mensyukuri pemilihan Dekan berlangsung dengan sangat kondusif dan demokratis”, tuturnya.

Lebih lanjut Rahmat mengatakan pemilihan Dekan FISIP berlangsung dengan sangat transparan. “Sesuai dengan aturan baik peraturan Rektor dan Kemenristek Dikti, panitia telah melaksanakan proses pemilihan dan semua tahapan sudah dilakukan berdasarkan persetujuan Senat Fakultas dan Rektor, jadi panitia bekerja dengan terbuka dan independen”, paparnya.

Sebagai dosen di FISIP, Rahmat mengatakan tantangan dalam kepemimpinan baru adalah konsolidasi internal. “Pemimpin yang baik harus mampu merangkul, komunikatif dan akomodatif terhadap berbagai isu-isu pada lembaga yang dipimpinnya”, pungkas Rahmat.

KOMENTAR FACEBOOK