PLN Bangun PLTG 50 MW di Ladong

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama pihak PLN dan Kepala SKPA memberikan keterangan pers usai peletakan batu pertama PLTG Ladong

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangun Pembangkit Tenaga Listrik Gas (PLTG) Mobile Power Plant Banda Aceh dengan kapasitas 50 MW di Desa Ladong, Aceh Besar.

Hal itu ditandai dengan acara peletakan batu pertama (groundbreaking) yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Nova Iriansyah, di lokasi pembangunan, Kamis (4/1).

PLTG yang dibangun oleh anak perusahaan PT PLN, PT Pembangkitan Jawa – Bali (PJB) diharapkan akan beroperasi pada akhir tahun 2018 untuk memenuhi kebutuhan listrik wilayah Banda Aceh dan sekitarnya.

Direktur Utama PT PJB, Iwan Agung Firstantara mengatakan proyek pembangunan mobile power plant (MPP) di Ladong dengan kapasitas 50 MW tersebut merupakan tahap pertama dari total 150 MW yang akan dibangun pada tahap berikutnya.

Menurutnya, pembangunan PLTG ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik pada tanggal 27september 2017 antara PT PLN (Persero) dan PT PJB.

PLTG jenis MPP dibangun guna meningkatkan rasio elektrifikasi daerah terpencil dengan konsep mesin yang mudah dipindah-pindahkan (moble), pengoperasian yang ramah lingkungan, dan pembangunan dalam waktu yang singkat.

Turut hadir dalam acara itu Kepala Divisi Regional Sumatera, Supriyadi, General Manager PT PLN (Persero) UIP Pembangkit Sumatera, Weddy B Sudirman, Direktur Utama PT Rekadaya Elektrika (PT RE), Harjono, Presiden Direktur dan CEO Siemens Indonesia, Prakash Candran, serta stakeholders PT PLN (Persero) lainnya.

Sementara Wakil Gubernur Aceh dalam sambutannya mengatakan proyek pembangunan listrik sangat dibutuhkan oleh Aceh untuk menyakinkan sektor industri berinvestasi di Aceh serta membantu rakyat keluar dari kemiskinan.

“Proyek ini sangat sinkron dan sejalan dengan visi misi pemerintahan saat ini, yaitu Aceh Energi, dalam rangka pemenuhan energi listrik bagi rakyat Aceh dan industri yang berasal dari energi bersih dan terbarukan.

KOMENTAR FACEBOOK