Warga Meulaboh Rakit Pesawat Terbang Bermesin Sepeda Motor

ACEHTREND.CO, Meulaboh- Abu Bakar, warga Gampong Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Minggu (14/1/2018) melakukan uji terbang satu unit pesawat mini trike yang dirakit dengan mesin sepeda motor. Pembuatan itu sendiri sudah berjalan selama lima bulan sebelum diuji.

Pada uji coba yang dilakukan di jalan raya Kayu Putih, Gampong Lapang, pesawat rakitan Abu Bakar sudah bisa melaju secara normal lazimnya sebuah kendaraan. Namun, untuk terbang, akunya, belum memiliki sayap da payung pengontrol udara.

“Saya belajar salah satunya dari internet dan sambil praktek. Saya lihat di Brazil, daya dorong yang dihasilkan hanya 45. Tapi yang ini, saya ukur daya dorong mencapai 50. Yang di sana (di Brazil) bisa terbang. Masak punya kita tidak. Tapi untuk saat ini masih ada beberapa hal yang belum ada sehingga belum bisa diterbangkan,” kata Abu Bakar.

Pada kesempatan itu, dia berharap uluran tangan pemerintah. “Saya bercita-cita agar pesawat mini ini bisa terbang, agar para pemuda termotivasi untuk berkreasi,” ujarnya saat melakukan uji coba di depan banyak warga.