Zuriat Suparjo: Qanun yang Sudah Disahkan Harus Dievaluasi

Penyerahan Raqan Prioritas 2018 (Sumber Foto Humas DPR Aceh)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Ketua Fraksi Partai Golkar Zuriat Suparjo meminta pimpinan DPRA mengevaluasi implementasi seluruh qanun yang telah disahkan Legislatif selama beberapa tahun belakangan.

“Saya hanya ingin mengajak kita semua untuk mengevaluasi sejauh mana implementasi di lapangan, karena sesungguhnya sudah banyak qanun yang sudah kita sahkan pada tahun sebelumnya,” kata Zuriat Suparjo dalam rapat paripurna DPR Aceh, Rabu (17/01/2017).

Menurut Zuriat hal tersebut perlu dilakukan DPR Aceh karena qanun yang telah disahkan itu harus ada proses yang jelas. Sebab alangkah besar pengorbanan atau biaya yang telah dikeluarkan setiap tahun untuk membahas qanun kemudian diparipurnakan dan diundangkan.

“Berapa besar qanun tersebut bermanfaat kepada masyarakat? Sudah seharusnya hal itu untuk dievaluasi mulai dari tahun sebelumnya, belum lagi dengan qanun yang akan dibahas pada tahun 2018 ini,” ujar Zuriat.

Hal serupa juga disampaikan ketua Fraksi Partai Aceh (PA)Iskandar Usman Al-Farlaky. Menurutnya perlu ada langkah bersama mendorong implementasi qanun dapat berjalan. Iskandar mencontohkan Qanun Bendera dan Lambang Aceh yang sampai sekarang belum berjalan padahal sudah lama disahkan DPR Aceh.

Terkait dengan Qanun Bendera dan Lambang Aceh sudah sering sekali disampaikan dalam setiap sidang paripurna kepada Pemerintah Aceh. “Terutama kepada pemerintah yang baru ini perlu melakukan langkah-langkah, termasuk langkah pendekatan dengan Pemerintah Pusat,” kata Iskandar.

KOMENTAR FACEBOOK