Banggar DPRA Gelar Rapat Tertutup Dengan TAPA

ACEHTREND.CO – Rapat Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) dan Tim Badan Anggaran (Banggar) DPRA dalam rangka pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (RAPBA) 2018 di ruang Banggar, Senin (29/1/2018) berlangsung tertutup.

Pantauan aceHTrend terlihat anggota Banggar dan sejumlah pejabat pemerintah Aceh sert TAPA tampak hadir, salah satunya adalah dr Taqwallah, M.Kes Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Pemerintah Aceh.

Acara yang dijadwalkan berlangsung pukul 10:00 Wib baru dimulai setengah jam kemudian. Sejumlah awak media yang sudah menunggu sejak jam 9 pagi sempat masuk ke ruang rapat Banggar namun pihak protokoler DPRA menyarankan agar wartawan menunggu di luar karena rapat tersebut bersifat tertutup.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPR Aceh, Hamid Zein mengatakan tidak ada yang berbeda rapat hari ini dengan rapat – rapat sebelumnya. Dalam tata tertib di DPRA ada rapat terbuka dan tertutup untuk umum. Untuk rapat paripurna seluruhnya bersifat terbuka untuk umum, sedangkan rapat banggar, komisi, dan fraksi sifatnya tertutup sampai pimpinan DPRA atau pimpinan rapat menyatakan terbuka untuk umum.

“Untuk pertemuan dan rapat tertutup seperti hari ini sifatnya tertutup, nanti kami akan menyampaikan hasil rapat pada hari ini melalui rilis atau wawancara dengan pihak terkait setelah rapat berlangsung,” ujar Hamid Zein kepada aceHTrend.

Menurut Hamid Zein apa yang mereka lakukan sudah sesuai aturan yang mengatur tentang hal tersebut, yaitu tata – tertib DPRA No 1 Tahun 2016 sehingga mereka punya dasar untuk melakukan hal tersebut.

Sebelumnya terkait masalah RAPBA 2018 Gubernur Aceh Irwandi Yusuf telah menyerahkan tugas kepada TAPA untuk menyelesaikannya dengan Banggar DPRA.[]