Jumlah Penderita Kanker di Aceh Setara Nasional

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Aceh Abdul Fatah mengatakan, tingkat prevalensi atau jumlah penderita kanker di Aceh setara nasional yaitu 1,4 per seribu penduduk Aceh pada semua kelompok umur mengidap kanker.

“Artinya, dari seribu orang penduduk Aceh ada dua orang yang mengidap kanker dan prevalensi kanker Aceh sama pengan prevalensi nasional,” katanya saat bincang-bincang dengan aceHTrend, Sabtu (4/2/2018) malam.

Sementara jumlah penderíta kanker terbanyak di Indonesia adalah Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) yang mencapai aanga 4,0 per seribu, disusus Jawa Tengah 2,5 dan di peringkat ke tiga disusul oleh Bali.

Baca : Surat Teruntuk “Ibu Wangi” dari Bocah Kanker Nurul Amalia

Manurut Abdul Fatah, data itu adalah hasil riset yang dilakukan oleh Badan Penlitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan RI dalam lima tahun sekali. Dalam penelitian itu, sampelnya diambil secara acak sehingga riset tersebut dianggap lebih menggambarkan situasi sebenarnya.

“Dan ini berbeda dengan laporan kasus, misalnya di Aceh dilaporkan ada pengidap Kanker Serviks (kanker leher rahim) 200 orang, itu kan hanya yang terdata sementera riset ini ini langsungnya ke masyarakat,” katanya.

Namun Fatah mengaku dirinya tidak memiliki data rinci terkait jumlah pengidap kanker di Aceh berdasarkan jenis kanker. []