Krueng Tangan-Tangan Erosi, Warga Khawatir

Foto: Masrian Mizani/aceHTrend

ACEHTREND.CO, Blangpidie – Erosi krueng di Gampong Adan, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), sejak sepekan terakhir semakin mengkhawatirkan. Sejumlah rumah warga yang berada di pinggir sungai itu terancam amblas.

Hal itu diungkapkan Banta Linggam, salah seorang warga setempat, Jumat (9/2/2018). Menurut Banta, erosi krueng di gampongnya mulai mengganas sejak beberapa bulan lalu. Kini semakin meluas hingga mendekati sejumlah rumah masyarakat yang berada di sepanjang sungai.

“Erosi sungai ini semakin hari semakin meluas. Kalau kita perkirakan hanya tinggal 6 meter lagi dengan rumah kami. Jadi, bila tidak segera diantisipasi, maka rumah kami yang berada dekat sungai teramcam amblas,” ujarnya.

Banta Linggam mengaku, proses antisipasi dampak erosi, dan bencana banjir yang meluap dari sungai Krueng Adan sebelumnya telah ditanggulangi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat dengan cara memasang berupa batu gajah, tetapi belum seutuhnya bisa mencegah erosi.

Menurut Banta, terjadinya erosi dikawasan itu karena volume pembangunan batu gajah belum mencukupi, sehingga saat terjadinya hujan deras, air sungai meluap kepermukaan, dan naik ke rumah-ruah warga lantaran sebahagian dinding sungai belum memiliki batu penahan.

KOMENTAR FACEBOOK