Bila Maju Sebagai calon Presiden, Habib Rizieq Ungguli Surya Paloh & Zulkifli Hasan

Muhammad Rizieq Shihab, Imam Besar Front Pembela Islam. Foto: Reuters.

ACEHTREND.CO, Jakarta- Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Syihab, unggul dari Surya Paloh dan Zulkifli Hasan, sebagai calon presiden Republik Indonesia, pilihan responden. Hasil ini merupakan riset Lembaga survei Alvara Reserch Center, yang dirilis pada Jumat (23/2/2018) di Jakarta.

Bukan saja itu, dalam survey tersebut,elektabilitas Habib Rizieq mengungguli Wiranto dan Surya Paloh, masing-masing adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan serta ketua umum Partai Nasdem. Namun angka persentasenya masih di bawah 1 persen.

“Dari sisi top of mind, Jokowi dan Prabowo masih paling tinggi. Yang lain masih rendah,” kata CEO Alvara Reserch Center, Hasanuddin Ali, dalam pemaparan hasil survei itu di Jakarta.

Survei top of mind menunjukkan Joko Widodo memperoleh dukungan 56,4 persen, Prabowo Subianto 29,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,6 persen, Gatot Nurmantyo 1,5 persen, Harry Tanoesoedibjo 1,3 persen, Muhaimin Iskandar 1,2 persen, dan Jusuf Kalla 1,0 persen.

Selanjutnya muncul nama Ridwan Kamil dengan 0,9 persen, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 0,7 persen, Rizieq Shihab 0,5 persen, Wiranto 0,5 persen, Surya Paloh 0,4 persen, Zainul Madji (Tuan Guru Bajang) 0,4 persen, dan Zulkifli Hasan 0,2 persen.

Berdasarkan survei itu, kata Hasanuddin, Jokowi dicitrakan sebagai tokoh yang dekat dengan rakyat, jujur dan peduli dengan rakyat. Prabowo dicitrakan sebagai tokoh berjiwa pemimpin. Muhaimin Iskandar dicitrakan sebagai tokoh Islam dan Agus Harimurti Yudhoyono dicitrakan sebagai tokoh muda.

Riset dilakukan pada 17 Januari-7 Februri 2018 dengan 2.203 responden dan pendekatan kualitatif serta multistage random sampling. Survei dilakukan dengan wawancara langsung dan kuisioner dengan margin of eror 2 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Viva dengan perubahan seperlunya.

KOMENTAR FACEBOOK