Daniel Abdul Wahab: Data Penerima Bansos Rastra Harus Valid

Wakil Ketua Komisi B DPRK Banda Aceh Daniel A Wahab.

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Penyaluran raskin atau saat ini bernama bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) harus tepat sasaran, untuk itu diperlukan data yang valid sehingga penerima bantuan tersebut merupakan pihak yang benar – benar berhak menerimanya. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi B DPRK Banda Aceh Daniel A Wahab, Selasa (6/3/2018) di Banda Aceh.

Daniel mengharapkan agar semua pihak yang terkait penyaluran bansos rastra atau raskin, serius dalam melakukan pendataan kepada masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan tersebut.

“Saya mendorong Dinas Sosial dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banda Aceh untuk memperbaharui data penerima bantuan beras untuk mereka yang kurang mampu, agar penerima bantuan tersebut tepat sasaran,” ujar Daniel.

Politikus muda ini mengatakan bahwa sejumlah warga telah melaporkan kepada dirinya bahwa ada kepala keluarga (KK) yang seharusnya menerima, akan tetapi tidak masuk dalam data.

“Bahkan ada warga yang sebelumnya sudah menerima, kini tidak lagi memperoleh jatah beras binsos rastra. Kemudian saat sebagian warga ingin melihat data yang ada, ternyata terdapat beberapa kekeliruan seperti orang yang sudah berpindah tempat tinggal dan sudah meninggal namun masih ada yang dalam daftar penerima,” ujar Daniel yang merupakan legislator dari Dapil I (Kuta Raja dan Meuraksa) Banda Aceh.

Daniel juga mengatakan bahwa data yang akurat merupakan elemen penting dalam melakukan penyaluran rastra. Ketidakakuratan data dapat menyebabkan sebagian warga yang berhak menerima merasa bahwa pemerintah terkesan pilih kasih dalam memberikan bantuan tersebut.

“Idealnya beras rastra peruntukannya hanya untuk masyarakat kurang mampu. Atau kepala keluarga yang tidak memiliki penghasilan dan pekerjaan tetap, sehingga bantuan tersebut bisa mengurangi beban mereka, tapi tentu saja beras tersebut juga harus layak dikonsumsi,” ujar Daniel.

KOMENTAR FACEBOOK