Gubernur Apresiasi Pemulangan TKI Asal Aceh Singkil dari Fiji

Rahmat Hidayat di Dinas Sosial Aceh (Foto: aceHTrend/irwan)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, mengapresiasi proses pemulangan TKI asal Aceh Singkil, Rahmat Hidayat (20) yang menjadi ABK Zhong Shui berbendera Fiji, dari Suva, Fiji—Hongkong—Jakarta—Aceh—Aceh Singkil, hanya dalam tempo 3×24 jam.

Hal ini disampaikan Irwandi Yusuf melalui Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani usai mendapat laporan lengkap dari Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri, yang melakukan koordinasi secara teknis dengan semua pihak di Aceh dan Jakarta, sejak mendapat laporan dari keluarga Rahmat Hidayat.

“Proses penanganan ini bisa berlangsung cepat karena Rahmat Hidayat berangkat secara resmi melalui penyalur tenaga kerja resmi, PT Hegauli Internasional dan PT Samudera Alam Semesta Jakarta. Pada sisi lain, gubernur melarang keras warga Aceh berangkat ke luar negeri tanpa keahlian khusus dan secara illegal,” katanya.

Baca : Rahmat Hidayat : Saya Minta Pulang Karena Faktor Kesehatan

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran pengurusan dan pemulangan Rahmat Hidayat ke Aceh.

“Terima kasih kepada : Kemenlu RI, KBRI Fiji, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Serang, dan BP3TKI Aceh, PT Hangauli Internasional, dan PT Samudera Alam Semesta, Jakarta,” katanya.

Irwandi meminta agar setiap calon TKI harus memiliki skill dan mempersiapkan diri utk bekerja dengan TKI lain dari pelbagai Negara, untuk itu dia berharap kasus yang dialami Rahmat Hidayat ini tidak membuat perusahasan pengarah tenaga kerja menutup kesempatan bagi putra-putri Aceh yang memiliki skill dan ingin bekerja di pelbagai negara.

“Calon TKI harus benar-benar memahami karakteristik pekerjaan, metoda kerja, jam, kerja, dan sebagainya sebelum menangani kontrak kerja ke luar negeri,” katanya.[]

KOMENTAR FACEBOOK