Peringati Hari Peduli Sampah 2018, Satker PSPLP Aceh Gelar Kegiatan di TPS 3R Surien

Foto: Mirza.

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah 2018 Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP) Provinsi Aceh melaksanakan kegiatan di TPS 3R Gampong Surien, Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh, Minggu (25/03/2018).

Yusrizal, ST, MT selaku Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Aceh mengatakan Satker PSPLP Provinsi Aceh tidak hanya membangun infrastruktur. Menurut Yusrizal kampanye edukasi talah dilakukan sejak tahun 2009.

Kasatker PSPLP Provinsi Aceh mengungkap jika kedepannya dapat memfasilitasi desa binaan. Selain itu Yusrizal berharap pembangunan fasilitas TPS 3R dapat menunjang perekonomian masyarakat.

“Kami berharap pengelolaan fasilitas TPS 3R dapat bernilai ekonomis. TPS 3R menjadi industri minimal skala perdesaan, untuk mewujudkannya kami siap bekerjasama dengan seluruh pihak.” Kata Yusrizal.

Samsuar Kadis DLHK3 Kota Banda Aceh dalam sambutannya menyatakan kehadiran TPS 3R di Gampong Surien sangat bermanfaat untuk Kota Banda Aceh. “TPS 3R menjadi pilot project bagi Kota Banda Aceh.” Ungkap Samsuar.

Kadis DLHK3 Kota Banda Aceh ini juga mengharapkan bantuan yang telah diberikan oleh Satker PSPLP Provinsi Aceh dapat dijaga dan dirawat oleh masyarakat dan Pemerintah Gampong Surien.

“Bantuan ini jangan sampai menjadi besi tua, Pak Geusyik harus menjaga dan merawat aset yang bernilai 500 Juta ini.”Harap Samsuar.

Wakil Ketua Penggerak PKK Provinsi Aceh Dr. Dyah Erti Idawati mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah.

“Peringatan Hari Peduli Sampah tidak boleh sekedar hanya slogan dan hanya sekedar seremonial.” Kata Istri Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah ini.

“Saya apresiasi Pak Yusrizal dan Satker PSPLP yang tidak sekedar membangun infrastruktur, akan tetapi juga turut membangun masyarakat dengan edukasi.” Kata Dyah yang juga dosen Arsitektur Unsyiah itu.

Geusyik Gampong Surien Tarnuman M. Thaib mengakui sejak TPS 3R Surien terbangun manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat Gampong Surien. Menurut Tarnuman kegiatan di TPS 3R mendorong Gampong dalam mewujudkan kebersihan Gampong.

Selain itu kegiatan di TPS 3R sangat membantu kesejahteraan petugas yang diantaranya adalah masyarakat yang kurang mampu. “Masyarakat yang selama ini kurang mampu sangat terbantu dengan kegiatan TPS 3R.”Kata Tanurman sambil memperkenalkan satu persatu petugas kebersihan Gampong Surien.

Hari Peduli Sampah 2018 mengangkat tema, “Sayangi Bumi, Bersihkan Dari Sampah.”

Kegiatan Hari Peduli Sampah 2018 turut dihadiri oleh Wakil Ketua Penggerak PKK Provinsi Aceh Dr. Dyah Erti Idawati, Kabid Tata Bangunan Dinas Perkim Aceh Ir. Mirzuan MT, Kabid Penyehatan Lingkungan dan Permukiman Dinas Perkim Aceh Erwin Ferdinan ST MT, Kabid Sarana dan Prasarana M. Rizal ST MT, Pengurus PKK Provinsi, Pengurus PKK Kota Banda Aceh dan Pengurus PKK Gampong Surien, masyarakat, akademisi dan pegiat lingkungan. [..]

KOMENTAR FACEBOOK