Menkumham Dukung Pelaksanaan Hukuman Cambuk di Dalam Lapas

Ilustrasi

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly mendukung penuh langkah Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatur pelaksanaan hukuman cambuk dengan Peraturan gubernur (Pergub) dan dilakukan didalam penjara.

“Sebagai instansi pemerintah kita mendukung jalan yang ditempuh Gubernur Aceh tentang pelaksana eksekusi cambuk dengan qanun dan dilakukan di dalam penjara,” kata Yasonna kepada wartawan usai penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Aceh dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh, di Gedung Amel Convention, Banda Aceh, Kamis, (12/4/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan hukuman cambuk dilakukan dalam penjara agar pada saat eksekusi tersebut tidak disaksikan langsung oleh anak anak yang masih di bawah umur, tatacara dari cambuk ini akan diatur dalam Peraturan gubernur (Pergub).

“Sebenarnya di dalam penjara juga dilakukan secara terbuka, dan diperbolehkan bagi masyarakat untuk menyaksikan yang tidak boleh disaksikan oleh anak anak,” kata Irwandi Yusuf kepada sejumlah wartawan.

Sementara itu ketua DPRA Aceh Tgk Muharuddin mengatakan pergub cambuk Gubernur Aceh Irwandi Yusuf yang mengatur pelaksanaan hukuman cambuk di dalam penjara melanggar konstitusi.

“Karena jika dalam qanun nomor 7 tahun 2013 tentang hukum acara jinayat sangat jelas dikatakan dalam pasal 262 ayat 1 bahwa uqubat cambuk itu dilakukan di tempat umum dan dapat disaksikan oleh masyarakat yang hadir,” ujarnya pada saat dikonfirmasi acehTRend.

Seharusnya jika Gubernur Irwandi Yusuf ingin melakukan revisi ataupun perubahan terhadap Qanun itu harus terlebih dahulu melakukan kompromi dengan DPR Aceh.

“Pemerintah Pusat saja jika ada perubahan atau ingin mencabut pasal pasal dalam UUPA itu juga harus mendapat konfirmasi dan pertimbangan DPRA,” ujarnya

Penolakan itu juga disampaikan sejumlah mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mereka menolak hukuman cambuk dilakukan di dalam penjara atau tertutup.[]

KOMENTAR FACEBOOK