DPRA Akan Uji Materil Pergub APBA dan Pergub Cambuk

Teungku Muharuddin. Foto: Taufik Ar-Rifai/aceHTrend.

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh akan mengajukan uji materil Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2018 ke Mahkamah Agung (MA).

Uji materil secara kelembagaan tersebut diputuskan ketua DPR Aceh Tgk Muharuddin setelah mendapatkan persetujuan dari segenap anggota DPRA dalam rapat paripurna yang digelar di gedung utama DPRA, Jumat (20/4/2018).

Menurut Tgk Muharuddin langkah gugatan tersebut ditempuh DPRA untuk mengetahui kepastian hukum terkait mekanisme dalam penyusunan Pergub. Ia juga memastikan gugatan itu tidak untuk menghambat proses realisasi APBA yang sedang berjalan.

“Bukan berarti gugatan (uji materil) ini akan mengangu realisasi APBA, pelayanan publik harus tetap berjalan sebagaimana mestinya, saya kira tidak ada alasan APBA itu terhambat dengan adanya gugatan ini,” kata Tgk Muharuddin kepada wartawan usai sidang.

Selain melakukan uji materil terhadap Pergub APBA 2018, DPRA juga akan melakukan uji materil terhadap Pergub Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Hukum Acara Jinayat.[]

KOMENTAR FACEBOOK