Makna 813 Tahun Kota Banda Aceh

ACEHTREND.CO – Meurah Johan bernama Lengkap Abdul Azis Almulaqqab Sultan DjohanSyah bin Machdum Abi Abdillah Assjech Abdul Rauf (Tuan di Kandang Sjech Bandar Darussalam), dia menjadi Sultan Islam pertama Kesultanan Aceh Darussalam. Kerajaan ini didirikan tepat pada 1 Ramadhan 601 H atau 22 April 1205 di Gampong Pande dan ditetapkan sebagai hari jadi Kota Banda Aceh sejak ditetapkan dalam seminar hari jadi Kota Banda Aceh pada 28 Maret 1988.

Sebagai kota tua yang hari ini genap berusia 813 tahun, Banda Aceh sejajar usianya dengan Kota Moskwa, Moskow 871 tahun, London 952 tahun dan Lebih tua 70 tahun dari Kota Amsterdam yang hari ini berusia 743 Tahun.

Sebagai kota tua yang kami sebut dengan istilah kota tamanddun alias kota tempat lahirnya peradaban baru bagi bangsa Aceh dan tempat berkumpulnya berbagai suku, bangsa dan etnik, dan diakui dalam berbagai catatan sejarah perjalanan pelaut dunia dari Portugis, Inggris dan Belanda, juga disebut sebagai Kota Bustanussalatin karya Sultan Iskandar Muda yang mengambil filsosofi taman surgawi dalam Alquran yang mengalir sungai-sungai yang indah di tengah-tengahnya, sehingga disebut taman para raja atau sultan.

Maka inilah identitas sesungghnya Kota Banda Aceh yang di usia 813 tahun semakin bergeser identitasnya dari cita-cita pendirinya sebagai pusat lahirnya peradaban Aceh sebagai foundingfather lahirnya Islam di Nusantara dan Asia Tenggara.

Selamat Hari Lahir Kota Bustanussalatin, Kota Tamaddun, Waterfront City.[]

KOMENTAR FACEBOOK