Apa Karia: Pruet Rakyat yang Harus Tapike

Apa Karia (Foto:aceHTrend/Hasan Basri)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Mantan Calon Gubernur Aceh 2017 dari jalur perseorangan (indenpen), Zakaria Saman alias Apa Karia, mengaku sedih melihat perilaku sebagian para pejabat yang hidup bermewah-mewahan di tengah tingginya angka kemiskinan di Aceh. Apa berharap para pemimpin harus mampu menuntaskan persoalan kemiskinan yang terus melilit Aceh.

“Bek peugah nyoe, peugah jeh. Asoe pruet rakyat yang harus tapike (Jangan banyak bicara. Isi perut rakyat yang kita pikirkan),” kata Apa Karia usai menghadiri pernikahan putri mantan Deputi Agama, Sosial dan Budaya BRR NAD-Nias, Fuad Mardhatillah, Kamis (10/5/2018) di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Dalam kesempatan itu, Apa Karia meminta kepada para pemimpin di Aceh agar meneladani Khalifah Umar Bin Khattab yang menyelesaikan setiap masalah umat langsung dari akarnya.

“Suatu ketika Umar hendak memasang tirai kakbah yang terbuat dari kain biasa. Ada seorang sahabat bertanya kepada Umar, mengapa tidak dipasang tirai dari kain sutera. Lalu, Umar menjawab: … buthuni muslimina ula. Artinya harus diutamakan perut umat daripada pembangunan simbolis dan fatamorgana,” ujar Apa Karia yang didampingi Antropolog Aceh, Bulman Satar.

Nah, sudahkan kita meniru keteladan Umar dalam melayani rakyat sesuai kadar yang telah diamanahkan ke tangan kita masing-masing? Wallahu’alam. []