IPHI Gelar Rakernas dan Harlah se Sumatera di Banda Aceh

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) regional I se Sumatera menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) ke XIV dan Harlah ke 28 di Asrama Haji, Banda Aceh, Jumat (11/5/2018) malam.

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Dermawan Aceh itu mengangkat tema “Meningkatkan Kontribusi lkatan IPHI untuk Kemashlahatan Ummat dan Kokohnya NKRI”.

Amatan aceHTrend, Rakor dan Harlah tersebut dihadiri oleh ratusan pengurus IPHI se Sumatera. Turut hadir Wakil IPHI Pusat, Hari Ansari, SH, MH, MPD, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah IPHI Aceh, Drs. H. Sulaiman Abda M.Si, Ketua Komisi VII DPRA, Gufran Zainal Abidin, mewakili Wali Kota Banda Aceh dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua Panitia Rakernas dan Harlah IPHI, Dr. H. Bustami Usman mengatakan, tujuan digelarnya acara tersebut untuk memperkokoh tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah antar sesama keluarga besar pengurus IPHI se Sumatera.

“Selain itu juga untuk memperkokoh peran dan kontribusi IPHI di tengah umat di dalam kahidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Bustami.

Bustami menjelaskan, peserta Rakemas dan Harlah tersebut diikuti oleh para pimpinan dan pengurus wilayah IPHI provinsi di Pulau Sumatera.

Jumlahnya lebih kurang 500 orang yang terdiri dari IPHI Provinsi Bangka Belitung, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara dan Provinsi Aceh, termasuk dari DPD kabupaten/kota se Sumatera.

“Selain itu Rakemas IPHI kali ini juga diikuti oleh sejumlah jamaah peninjau dan pengembira dari sejumlah Provinsi di Sumatera serta dari kabupaten dalam Provinsi Aceh,” katanya.

Menurutnya, agenda Rakemas dan Harlah IPHI tahun 2018 akan diisi oleh sejumlah narasumber dari Anggota DPR RI, DPP IPHI, DPW Wilayah.

“Pada hari Minggu 13 Mei 2018, akan dilanjutkan dengan Musyawarah Wilayah IPHI Provinsi Aceh dengan agenda utama memilih kepengurusan baru DPW IPHI Provinsi Aceh Periode 2018-2023,” katanya. []