Mengantuk Saat Baca Buku, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi (Foto: IDN Times)

ACEHTREND.CO, Jakarta – Orang bilang membaca adalah jendela dunia. Karena itu dengan membaca, kamu seolah-olah sedang membuka jendela dunia. Sehingga kamu bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia dewasa ini. Sebagian orang ketika membaca, pasti bawaannya terkantuk.

Hal ini disebabkan oleh warna kontras dari hitam tulisan dan putihnya kertas. Tapi ketahuilah ada beberapa faktor yang bisa membantumu supaya terhindar dari rasa kantuk ini saat membaca. Di antaranya :

1. Luruskan niat untuk membaca

Sesungguhnya di dunia ini tidak ada yang mudah. Semua terasa berat saat dipraktikkan apalagi dijadikan rutinitas. Tapi ketahuilah, segala sesuatu yang sudah diniatkan pasti akan terasa mudah. Sama halnya dengan membaca. Sebagian orang menganggap membaca terasa berat karena membosankan, tidak menarik, dan malas.

Ketahuilah, perasaan sugesti inilah yang membuat kamu cepat mengantuk saat membaca. Pasti pernah kan merasa kantuk saat membaca. Waktu menutup bukumu tiba-tiba kantuknya hilang. Yuk, kuatkan dan luruskan niat kamu untuk membaca.

2. Pengaturan waktu yang tepat

Dalam mengerjakan tugas apapun baik membaca, menulis, menonton TV dan sebagainya, kamu harus memperhatikan waktu. Usahakan untuk membuat jadwal rutinitas supaya segala kegiatan yang dilakukan hasilnya menjadi lebih efektif.

Membaca di waktu yang tepat sangat perlu diperhatikan. Sebenarnya tidak ada masalah jika ingin membaca kapanpun. Tapi yang kamu tekankan di sini adalah efektivitas dari membaca itu sendiri. Misalnya, ketika kamu membaca sampai larut malam. Memang betul kamu sedang membaca. Tapi tidak ada satupun yang kamu pahami atau ingat.

3. Istirahat sejenak

Tenang jangan terlalu buru-buru membaca hanya karena ingin memecahkan rekor untuk menuntaskan sebuah buku bacaan. Ketika mulai terasa lelah, usahakan untuk istirahat. Karena pada saat membaca, mata kamu sedang bekerja keras.

Misalnya, durasi untuk membaca buku adalah 1 jam. Setelah 30 menit berlalu, istirahatlah sekitar 15 menit supaya mata kamu kembali segar.

4. Persiapkan posisi dan suasana senyaman mungkin ketika membaca

Tempat yang nyaman sangat diperlukan dalam kegiatan membaca. Bukankah sesuatu yang nyaman akan membuat kamu betah berlama-lama melakukan suatu hal? Termasuk juga saat membaca buku. Pastikan jarak antara mata dengan buku kurang lebih 30 cm.

Duduklah dengan posisi tegak dan jangan terlalu santai. Karena bisa membuatmu merasa malas dan mengantuk. Boleh rileks tapi tetap siaga. Hindari postur badan membungkuk saat membaca.

5. Siapkan makanan dan minuman ringan saat membaca

Membaca sambil diselingi kegiatan lain seperti makan dan minum ringan bisa membantumu terhindar dari rasa mengantuk. Cobalah minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh. Untuk makanan, bisa menyediakan kue yang sekali makan dan tidak mengotori tangan supaya tidak mengganggu kegiatan membaca.

Ingat, harus ringan ya. Hindari makanan berat seperti nasi ketika sedang membaca. Ini adalah pemicu yang bisa membuatmu mengantuk.[]

Sumber :IDN Times