Bytra Gelar Sosialisasi Hutan Adat & Perhutan Sosial

ACEHTREND.CO,Lhokseumawe- Sebanyak 13 mukim dan Geuchik yang administrasi wilayah mukim dan gampong berbatasan langsung dengan kawasan hutan di Aceh Utara, mengikuti sosialisasi perhutanan sosial yang digelar LSM Bytra Aceh di Hotel Liddo Graha Lhokseumawe, Sabtu (12/5/2017).

Direktur LSM Bytra Aceh, Saifuddin Irhas mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan pengetahuan kepada mukim di Aceh Utara tentang skema perhutanan sosial, baik itu hutan adat, hutan desa, hutan kemasyarakatan, hutan tanaman rakyat maupun hutan kemitraan.

“Sekarang ini kita sedang melakukan penelahaan potensi, baik segi regulasi maupun ketersediaan kawasan yang dapat diusulkan wilayah hutan adat dan Hutan Desa atau skema lainnya,” ujar Saifuddin.

Harapan Saifuddin setelah kegiatan tersebut imum mukim dan keusyik bisa langsung membangun skema perhutanan sosial.

Saifuddin menambahkan secara regulasi hutan adat dan skema perhutanan sosial lainnya di akui oleh negara dan boleh didaftarkan. Namun sampai saat ini Aceh Utara belum memiliki satupun penetapan hutan adat atau hutan desa yang terdaftar ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.