Pelantikan Ikapa Suarakan Perjuangan Aceh dalam Konteks Kekinian

ACEHTREND.CO, Bandung – Ikatan Pemuda Aceh (Ikapa) Bandung, menggelar pelantikan kepengurusan baru periode 2018-2019 di aula Asrama Aceh Wisma Teuku Umar, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Sabtu (12/5/2018).

Acara yang mengusung tema ‘Ta mumat jaroe ta duk meusapat, ta bangun nanggroe wahai pemuda’ ini dihadiri oleh segenap pemuda dan mahasiswa asal Aceh dari berbagai kampus di Kota Bandung.

Ketua Umum Ikapa, Nahar Fazlan, mengatakan, Ikapa adalah organisasi yang menaungi berbagai unit mahasiswa dan pemuda asal Aceh yang ada di Kota Bandung dengan tujuan merangkul serta menciptakan rasa kekeluargaan, persaudaraan, dan persatuan antar sesama unit Aceh di Kota Bandung.

“Nah, maka dari itu Ikapa ingin mengajarkan bagaimana cara berkolaborasi dan kerjasama. Agar mahasiswa-mahasiswa Aceh di Bandung terus bersinergi dan menjalin persaudaraan yang solid demi membangun Aceh nantinya. Karena Aceh itu rumah kita, Aceh butuh kita sebagai pemuda penerus generasi Aceh yang akan membangun Aceh suatu hari nanti,” ujarnya

Sekretaris Umum Keluarga Masyarakat Aceh Bandung (Kamaba), Syahrial, mengatakan, perjuangan mahasiswa Aceh sekarang sudah berbeda dengan dulu. Menurutnya, ketika didirikan pada tahun 1999 dulu Ikapa berdiri karena faktor politik, yang mana saat itu masih terjadi perang antara Aceh (GAM) dan RI. Ikapa saat itu memperjuangkan perjuangan rakyat Aceh dari Bandung.

“Sekarang kan sudah berbeda, Aceh sekarang sudah damai, akan tetapi saat ini Aceh belum sejahtera. Nah, sekarang Ikapa harus memperjuangkan kesejahteraan Aceh, mulailah bergerak dalam konteks kekinian. Ketika ada suatu permasalahan di Aceh, lihatlah dari sudut pandang Ikapa, kemudian suarakan darisini sebagai mahasiswa,” pungkasnya.[]