80 Calon Anggota KIP Lhokseumawe Ikut Tes Tulis

ACEHTREND.CO, Lhokseumawe – Sebanyak 80 calon anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe periode 2018-2023 mengikuti ujian tulis di Aula SMK Negeri 3 Kota Lhokseumawe, Senin (14/5/2018).

Ketua Panitia Seleksi, Dr. Mariyudin mengatakan, sebelumnya yang mendataf mencapai 84 calon, namun tiga orang diantaranya dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat adminitrasi.

“Jadi hanya 80 calon anggota KIP yang mengikuti tes tulis dan terdapat satu orang tidak mengikuti ujian bahkan tanpa ada konfirmasi,” jelasnya.

Adapun peserta yang mengikuti tes tulis itu harus mengisi sebanyak 80 soal dengan kurasi waktu 180 menit. Soal yang diberikan terkait tentang ilmu kepemiluan, manajemen penyelengara pemilu, tata negara dan landasan negara.

Pengumuman ujian tulis akan di umumkan, Selasa 15 Mei 2017 (besok) yang nantinya akan tempelkan di sekretariat dan Website DPRK Kota Lhokseumawe.

“Setelah dinyatakan lulus tes tulis peserta akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu tahap tes wawancara. Sebelumnya, setiap peserta harus melengkapi bukti tes kesehatan jasmani dan rohani serta bukti tes Narkoba,” jelasnya.

Mariyudin menambahkan, nantinya di ujian tes tulis pansel akan meloloskan 30 orang yang nantinya berhak mengikuti tes wawancara, kemudian tes wawancara diluluskan sebanyak 15 orang.

Setelah dinyatakan lulus tes wawancara nama peserta langsung diserahkan ke Komisi A DPRK Kota Lhokseumawe untuk di plenokan.

Nantinya anggota Komisi A DPRK menetapkan 5 orang anggota KIP Kota Lhokseumawe dan 2 orang cadangan.

“Kewenangan Pansel hanya sampai tes wawancara, kemudian nama peserta yang lulus akan kita serahkan kepada Komisi I DPRK Kota Lhokseumawe,” ujarnya

Selain itu, Pansel juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan terhadap peserta. []