Hafal Alquran 30 Juz, Remaja Ganteng asal Aceh Ini Kembali Diundang Menjadi Imam Tarawih di Malaysia

Kautsar Zuhri bersama kedua orang tuanya di Bandara Sultan Iskandar Muda (Foto : aceHTrend/Hasan Basri)

ACEHTREND.CO. Banda Aceh – Remaja ganteng asal Banda Aceh, Kautsar Zuhri bin Husaini, pada Ramadhan 1439 H (2018) ini, kembali mendapat undangan untuk menjadi Imam Shalat Tarawih di tiga negara bagian di Kerajaan Malaysia, yaitu Penang, Kedah, dan Perak. Pada tahun lalu (2017) Kautsar juga mendapat undangan yang sama selama satu bulan penuh.

Kautsar berangkat ke Malaysia pada Hari Makmeugang, Selasa (15/5/2018), melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh. Dia diantar ke bandara oleh kedua orangtunya, Dr. Husaini Ibrahim, dan Halimatussakdiah M Nur serta kakaknya Ahmad Ziadi, S.Hum.

Kautsar Zuhri (Foto : Ist)

Ikut bersama Kautsar empat ustaz muda lainnya yang merupakan alumni Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air Aceh Besar, yaitu Emi Yasir, Edi Yasir, Yanis, dan Irfan. Berbeda dengan teman-temannya yang alumni, Kautsar saat ini tercatat sebagai siswa Madrasah Aliyah (MA) MUQ dan duduk di Kelas II.

Remaja rupawan berusia 17 tahun ini baru saja menyelesaikan program hafalan Alquran 30 Juzz. “Alhamdulillah, berkat doa dan motivasi dari orangtua, saya baru saja mencapai hafalan 30 juz, dan sedang mengulang-mengulang agar semakin lancar,” kata Kautsar yang dalam keluarga akrab dipanggil Bang Cai ini.

Undangan untuk Kautsar dan kawan-kawan difasilitasi oleh Haji Marwansyah bin Ismail. Dia adalah putra Aceh asal Trenggadeng, Pidie Jaya, yang sudah lama menetap dan menjalankan bisnis di Pulau Pinang. Sebelum menetap di Penang, Marwansyah mengecap pendidikan di Pesantren Modern Terpadu (PMT) Al-Furgan Bambi, Sigli, selama enam tahun.

Ustaz Marwan adalah pengurus salah satu masjid di Pualu Pinang. Dia menikah warga Malaysia. Selaku pengurus masjid, Marwan memiliki jaringan dengan pengurus masjid di Penang dan Semenajung Malaysia.

Selama sebulan penuh dalam bulan Ramadhan 1439 Kautsar menjadi imam tarawih di beberapa masjid di Penang, Kedang, dan Perak. Antara lain di Masjid Permatang Pasir, Masjid Tok Mahat, Masjid Sungai Kecil, Surau Taman Setia Jaya, Masjid Parit Buntar, Masjid Ubudiyah Parit Buntar, Surau Taman Semarak, Surau Haji Ali dan lain-lain.

Kautsar Zuhri dilahirkan di Ulee Kareng, Banda Aceh, pada 5 Mei 2001. Dia adalah putra ke lima pasangan Dr. Husaini Ibrahim (arkeolog FKIP Unsyiah) dan Halimatussakdiah M. Nur. Informasi lebih jauh tentang kiprah imam ganteng asal Aceh ini dapat menghubungi Ustaz Marwan di Nomor WA: +60134745521. []