Ratusan Pendamping PKH Dibimbing Pemantapan SDM di Banda Aceh

Kasubdit Kepesertaan Direktorat Jaminan Sosial Keluarga, Sudarsono saat menyampaikan sambutan. (Foto: Humas Dinas Sosial Aceh )

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Kementrian Sosial RI menggelar bimbingan pemantapan pendamping dan administrator database untuk 341 orang pendamping Keluarga Harapan (PKH) di Hotel Hermes Palace, Jalan T. Panglima Nyak Makam, Kota Banda Aceh yang akan berlangsung sejak Sabtu 19 – Selasa 22 Mei 2018.

Acara bertema Bimbingan Pemantapan Bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Pelakasana PKH Tahun 2018 itu dibuka dibuka oleh Staf Khusus Menteri Sosial RI, Sus Eko Armanda.

Kasubdit Kepesertaan Direktorat Jaminan Sosial Keluarga, Sudarsono, dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari acara bimbingan tersebut adalah sarana sosialisasi dan penyampaian arah kebijakan PKH tahun 2018 dan untuk memperkuat pemahaman, pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan bagi SDM pelaksana PKH agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien.

Pihaknya menghadirkan pemateri dari pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Sosial, pejabat eselon III dan IV, tenaga ahli di lingkungan Direktorat Jaminan Sosial Keluarga, Dinas Sosial Provinsi Aceh, koordinator wilayah, koordinator kabupaten/kota, dan praktisi.

Menurut Sudarsono, peserta bimbingan terdiri Kabupaten Aceh Timur, Aceh Barat, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Aceh Besar dan Aceh Selatan. Para peserta dibagi dalam enam kelas yang akan dibimbing oleh masing-masing fasilitator sebanyak dua orang per kelas.

“Dari 341 orang pendamping yang diundang menjadi peserta yang hadir sebanyak 333 orang dan yang tidak hadir 7 orang yang teridiri dari 6 orang mengundurkan diri, dan 2 orang dalam perjalanan,” katanya.

Dia berharap, dari kegiatan tersebut para peserta akan mempunyai pemahaman yang sama terkait pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan oleh narasumber dan fasilitator.

“Kemudian peserta diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan secara efektif, integratif dan aplikatif sehingga mudah dipahami,” ujarnya.

Hadir pada pembukaan tersebut Staf Khusus Menteri Sosial Sus Eko Armanda, Sekretaris Dinas Sosial Aceh, Yusri S.Sos, Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial Aceh, Cut Aja Muzita, penerima manfaat PKH dan para koordinator wilayah. []