Suasana I’tikaf di Masjid Raya Baiturrahman

Seorang anak tampak sedang mengaji di Masjid Raya Baiturrahman (Foto: Acehtrend/Taufik)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Ratusan warga terlihat memenuhi Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Sabtu (19/5/2018). Selama Ramadhan, masjid kebanggaan masyarakat Aceh menawarkan kemeriahan dan kekusyukan sehingga kehidupan religi semakin kental terlihat.

Hal ini terlihat di setiap sudut dan ruang masjid yang selalu diisi jamaah sambil membaca Al-Quran, berzikir dan berdoa. Maka, tak heran masjid ini merupakan salah satu destinasi wisata islami jika berkunjung ke sini dan sekaligus merasakan langsung atmosfer berpuasa.

Suasana itikaf di M0asjid Raya Baiturrahman (Foto: aceHTrend/Taufik)

Masjid Raya Baiturrahman sejatinya memang selalu ramai di kunjungi warga. Namun selama bulan ramadhan, masjid ini juga menjadi salah satu masjid yang aktif melaksanakan segala aktivitas bernuansa religi. Salah satunya adalah beri’tikaf di masjid bersejarah ini. Kegiatan i’tikaf ini sebenarnya biasa dilakukan warga, akan tetapi semakin marak selama ramadhan berlangsung.

“Masjid ini sangat indah sekali, saya bisa melaksanakan salat dengan tenang dan nyaman disini. Tidak seperti di negara saya di Palestina sana,” ujar Thariq, turis asal Palestina saat ditemui aceHTrend.

Suasana itikaf di M0asjid Raya Baiturrahman (Foto: aceHTrend/Taufik)

Remaja asal Gaza ini menuturkan,ia tak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur. Ia merasa, Allah SWT telah memberikan kenikmatan begitu besar berupa kesempatan menjalankan puasa Ramadhan tahun ini di negara dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia. Berbeda halnya dengan suasana Ramadhan di negara asalnya. Setiap hari, suara dentuman bom, roket atau suara desingan peluru terdengar jelas di setiap penjuru negeri.

“Saya sangat senang sekali bisa menikmati waktu sahur dan berbuka puasa bersama saudara muslim saya di Aceh. Mulai dari hidangan yang beraneka ragam dan mudah menemukan masjid untuk salat berjamaah,” ujar Thariq.