Siswa SMAN Unggul Harpa Abdya Pandu Acara di Radio Berbahasa Inggris

ACEHTREND.CO, Blangpidie – Dalam bulan Ramadhan kali ini Osis SMA Negeri Unggul Harapan Persada (Harpa) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengadakan sebuah program dalam Bahasa Inggris di radio.

Program tersebut disiarkan secara on air pada Radio Fatali 100,1 FM dengan nama English on radio (EOR).

Acara ini merupakan satu-satunya program berbahasa Inggris yang disiarkan oleh radio Fatali. EOR dipandu langsung oleh pelajar dari Osis SMAN Unggul Harpa dengan menggunakan full English.

Dalam pelaksaanaannya, program ini dilatih langsung oleh Ibu Muslihati, S.Pd.I. Para pelajar yang menjadi penyiar program EOR ini telebih dahulu telah menjalani pelatihan intensif disekolah sebelum mereka tampil secara langsung.

Acara ini disiarkan setiap sore Jum’at pada pukul 17.00 WIB s/d 18.00 WIB. Dengan segmen acara discussion, talent show, guessing, dan do you know.

Para pendengar bisa langsung berinteraksi aktif melalui SMS, WA dan telpon dalam sesi interaktif. Sasaran program ini adalah semua pelajar yang ada di Kabupaten Aceh Barat daya, selain itu juga terbuka untuk umum yang mempunyai minat memperaktekkan Bahasa Inggris. Khusus untuk bulan Ramadhan ini, program EOR juga mengadakan kuis dari berbagi sponsor dengan hadiah menarik.

Kepala sekolah SMA Negeri Unggul Harapan Persada, Marzuki, S.Pd didampingi Pembina Osis Ikhwanul Muslim, M.Pd mengatakan, acara English on radio merupakan pengembangan dari program Bahasa Inggris di sekolah.

“Kami menginginkan anak-anak Harpa tidak hanya bisa menghafal kosa kata (vocab) tapi juga bisa berbicara dalam Bahasa Inggris, inilah salah satu tujuan dibuat program ini,” katanya, Senin (21/5/2018).

Meskipun, katanya, selama ini sudah diterapkan kegiatan English day di sekolah setiap hari Sabtu dari pagi sampai sore dimana siswa diwajibkan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Karena Bahasa inggris merupakan tuntunan jaman sekarang yang tidak bisa kita kesampingkan. Semoga program EOR ini juga berdampak positif bagi generasi muda Abdya untuk mau belajar Bahasa Inggris.

Sementara itu Helmi Sastra, Direktur Radio Fatali mengatakan jika pihaknya menyambut sangat positif ketika Osis SMAN Unggul Harpa menawarkan program ini.

Pihaknya berpikir, melalui program ini menjadi bukti dukungan pihaknya terhadap dunia pendidikan.

“Karena disini mereka bisa memperaktekkan secara langsung kemampuan berbahasa inggris dan mengajak pelajar lain untuk saling berinteraksi. Sehingga juga sangat mendukung program pemerintah Aceh dalam mewujudkan Aceh caroeng,” katanya.

Program EOR ini direncanakan akan dilakukan secara berkelanjutan sehingga Bahasa Inggris bisa lebih disukai oleh seluruh pelajar di Abdya.[]