Aceh Raih Penghargaan Universal Health Coverage JKN-KIS Award 2018

ACEHTREND.CO, Jakarta – Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah menerima penghargaan Universal Health Coverage JKN-KIS Award 2018 dari Presiden RI.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Kamaruddin, Asisten III Administrasi Umum Sekda Aceh, di Jakarta, Rabu (23/5) di Istana Merdeka.

Tidak hanya Aceh, tiga provinsi lain juga menerima penghargaan JKN-KIS Award terkait perlindungan kesehatan terbaik di rumah sakit dengan persentase hingga 95 persen, selain itu juga terdapat kepala daerah dari 28 kota dan 92 kabupaten menerima award tersebut.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ikut mengapresiasi gubernur, bupati dan walikota dalam acara Penghargaan UHC JKN-KIS 2018 di Jakarta, Rabu.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengapresiai empat provinsi dan 28 kota dan 92 kabupaten yang sudah lebih dulu mencapai cakupan jaminan kesehatan semesta (Universal Health Coverage, UHC) di tahun 2018.

Menteri Tjahjo memberikan penghargaan kepada gubernur, bupati dan walikota dalam acara Penghargaan UHC JKN-KIS 2018 di Jakarta, Rabu.

Menurut Tjahjo, penghargaan diberikan kepada kepala daerah karena teelah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai Program Strategis Nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage di wilayahnya lebih awal sebelum tahun 2019.

“Secara komprehensif seluruh kepala daerah harus memahami lingkungan yang sehat, sanitasi yang sehat, air bersih, sebagai titik utama ini didorong dengan JKN-KIS. Harus adil seimbang menjangkau seluruh masyarakat, saya kira seluruh buruh seluruh PNS harus punya semua,” kata Tjahjo. []