Gubernur Tunda Lantik Komisioner KIP Aceh

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf (Foto : Humas Pemerintah Aceh)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh- Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menolak melantik komisioner KIP Aceh periode 2018-2023, yang sejatinya harus dilantik hari ini. Mantan juru propaganda GAM itu berdalih bahwa penolakan itu sudah sesuai dengan Qanun Nomor 6 Tahun 2016.

Dengan demikian, KIP Aceh akan mengalami kekosongan pimpinan karena besok, Jumat (25/5/2018) akan berakhir masa tugasnya.

Dalam status facebooknya, Irwandi menjelaskan sesuai dengan bunyi Pasal 58 qanun tsb, maka Komisioner KIP/KPU yang habis masa jabatannya sedangkan tahapan pemilu atau pemilihan sedang berjalan seperti sekarang ini, jabatannya diperpanjang sampai berakhirnya seluruh tahapan pemilu/pemilihan.

“Maka konsekuensinya Komisioner KIP/KPU yang baru tidak dapat dilantik. Nyanban ngat bek na dakwa-dakwi dudoe,” tulisnya.

Ketika ditanyai oleh wartawan setelah selesai mengikuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keunganan Pemerintah Aceh 2017 di Gedung Parlemen Aceh, Rabu (23/5/2018) ia kembali mengulang pernyataan senada.