Pansus Dapil X DPRA Temukan Bangunan Gedung Senilai Rp 1,8 M Dibangun Asal Jadi

ACEHTREND.CO, Suka Makmue – Pembangunan Gudang Mobil Barang (Mobar) dengan sumber dana Otonomi Khusus (Otsus) Kabupaten Nagan Raya yang berlokasi komplek terminal Tipe B terpadu mobil penumpang di Gampong Ujong Fatihah Kecamatan Kuala, tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan dan asal jadi.

Sejumlah bagian bangunan terlihat retak dan patah, bahkan roda pintu gudang sudah terlihat rusak. Temuan ini didapat rombongan pansus saat tiba dilokasi proyek tersebut, Rabu (30/5/2018).

“Ini sangat mengecewakan bagi kita semua, selain lokasinya tidak tepat, kondisi bangunan seperti di buat asal – asalan sehingga ini beresiko pada keselamatan manusia, kami akan memanggil pihak Pejabat Penanggulangan Teknis Kegiatan (PPTK) dan kontraktor pelaksana untuk menjelaskan dan bertanggung jawab terkait pembangunan bangunan ini,” ujar anggota pansus DR. Hj. Mariati MR.MSi kepada media.

Kekecewaan ditambah lagi dengan tidak adanya satu pun pihak PPTK maupun kontraktor pelaksana yang mendampingi rombongan Pansus, sehingga pihaknya tidak bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait kondisi bangunan yang bernilai Rp 1.851.858.000 dengan luas gedung 32×16 m2 tersebut.

Yang hadir mendampingi Tim Pansus cuma 2 orang pegawai perhubungan, namun mereka tidak bisa memberikan keterangan apapun.

Sementara itu PPTK proyek pengadaan Kontruksi bangunan Mobar bernama Ferizal, SE yang dihubungi media mengatakan bahwa ketidakhadirannya karena sedang berada diluar kota mengantar keluarga yang sakit, namun Ferizal siap menjawab pertanyaan pansus terkait rusaknya bangunan tersebut.

“Saya sedang di luar kota, namun saya akan menjawab semua pertanyaan pihak pansus dan kami akan meminta pihak kontraktor dalam hal ini CV Berkat Jasa yang Direktur pak Zakaria untuk memperbaiki setiap kerusakan yang timbul,” ujar Ferizal melalui sambungan telepon.

Usai meninjau gedung Mobar tersebut, rombongan selanjutnya meninjau proyek pengerasan jalan perkebunan kelapa sawit yang berada di Gampong Cot Kuta, Kecamatan Suka Makmue yang dikerjakan oleh CV Wira Muda Nusantara dengan hasil terbentuknya jalan sirtu 1; 1.558M, dengan ruas II: 193M dan ruas III: 313M dengan anggaran Rp 440.000.000 dan sejumlah lokasi proyek lainnya di Kabupaten Nagan Raya.

Pansus DPRA Dapil 10 kelompok 2 yang dipimpin oleh Mohd Alfatah, S.Ag (PAN) dalam melakukan peninjauan Mohd Alfatah didampingi juga oleh Drs.H.Djasmi Has,MM (NasDem), Dr.Hj.Mariati MT, M.Si,(PA) dan Zaini Bakri (PPP).

Sebagaimana diketahui, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh yang tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus) DPR Aceh tahun 2018 melakukan sidak ke sejumlah proyek yang ada di kawasan barat Aceh yang merupakan Daerah Pemilihan (Dapil) X. Peninjauan ini dilaksanakan sejak tanggal 28 Mei – 1 Juni 2018 yang akan datang.

Pansus kali ini dilaksanakan serentak di seluruh Aceh dengan jumlah total 10 daerah pemilihan. Pansus ini sendiri dilakukan untuk menyikapi terhadap laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI terkait sejumlah proyek tahun 2017 di Aceh.[]

KOMENTAR FACEBOOK