Pemerintah Aceh Minta KNPI Menjadi Motor Penggerak dalam Memajukan Daerah

Acara buka puasa KNPI Aceh bersama anak yatim di rumah penyantun, Punge, Banda Aceh. (30/5/2018). Foto: aceHTrend/Taufik

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Pemerintah Aceh meminta para pemuda yang bernaung di bawah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk terlibat aktif dalam menyukseskan pembangunan daerah.

“Pemuda harus terlibat untuk menyukseskan pembangunan di daerah kita,” kata Staf ahli Gubernur Bidang keistimewaan Aceh, SDM dan Hubungan Kerjasama, Iskandar AP mewakili gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam sambutnya pada acara buka puasa KNPI Aceh bersama anak yatim dI, Punge, Banda Aceh, Rabu (30/5/2018).

Iskandar menjelaskan, semua akan sepakat jika ingin negara ini berkembang ke depan maka pembinaan pemuda harus diperkuat agar mereka dapat mengembangkan potensinya untuk berkarya di tengah tengah masyarakat.

Namun kata dia, tidak bisa menutup mata bahwa di tengah harapan besar yang diembankan dipundak pemuda, tantangan yang dihadapi juga semakin berat seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat dan persaingan yang semakin ketat.

“KNPI sebagai payung organisasi pemuda di tanah air perlu melakukan refleksi dan mengevaluasi atas perkembangan era global ini,” ujarnya.

Iskandar menambahkan, momentum Ramadhan adalah saat yang ideal bagi para pemuda untuk berkontemplasi dalam merancang program pembinaan agar peran pemuda dalam pembangunan dapat di tingkatkan.

“Dengan demikian KNPI akan dapat menjawab tantangan zaman dan mendorong lahirnya pemuda penggerak perubahan di daerah kita,” sebut Iskandar.

Sebagaimana diketahui,katanya, masalah kepemudaan merupakan masalah sistemik yang menyentuh berbagai aspek sosial di masyarakat. Sebagai contoh dapat dilihat dari tingkat penganguran yang relatif tinggi dimana pemuda berada di dalamnya.

Malah ada kecenderungan angka penganguran berbanding lurus dengan kerusakan moral pemuda. Sebagai rumah besar bagi pemuda, KNPI diharapkan mampu berkontribusi dalam mengatasi masalah ini.

“Oleh karena itu simpul kepemudaan harus kita bangkitkan kembali agar ruang bagi pemuda semakin terbuka,” ujar Iskandar.

KNPI juga diharapakan menjadi motor guna mendorong dan mempermudah Aceh mengembangkan potensi dirinya dengan gerak pembangunan perubahan yang terjadi di daerah. Untuk itu Pemerintah Aceh meminta KNPI Aceh agar berperan dalam mengembangkan semangat nasionalisme pemuda kepada bangsa dan negara.

Berkaitan dengan ini, KNPI menurutnya perlu terlibat aktif dalam pembinaan pemuda agar mereka tidak terlibat ke dalam kegiatan-kegiatan yang meresahkan masyarakat. Dengan demikian KNPI menjadi salah satu motor penggerak untuk memajukan daerah.

Dia meminta KNPI untuk senantiasa bekerja sama dengan Pemerintah Aceh, dan pemerintah kabupaten/kota se-Aceh sehingga berbagai permasalahan pemuda di daerah ini dapat diselesaikan dengan cara-cara bijak sana.

“Jangan lagi menjadi perpecahan di jajaran organisasi pemuda sebab kondisi itu akan dapat menghambat program-program kepemudaan yang dilaksanakan oleh pemerintah Aceh,” tutup Iskandar

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar, Gubernur Aceh yang diwakili Staf Ahli Keistimewaan Aceh, SDM dan Hubungan Kerjasama, Iskandar, Ketua KNPI Sulawesi Utara, Ketua KNPI Sulawesi Tengah, Anggota DPR Kota Banda Aceh serta jajaran pengurus KNPI Aceh. Sementara tausiah disampaikan oleh Ustadz Husni Suardi.[] (adv)

KOMENTAR FACEBOOK