Rafly Sambut Hangat Prolega Aceh 2018

Rafli Kande (Foto: Konfrontasi)

ACEHTREND.CO,Jakarta- Pengesahan 12 judul Rancangan Qanun (Raqan) atau Peraturan Daerah (Perda) untuk masuk prioritas Program Legislasi (Prolega) 2018 beberapa waktu lalu, Rabu (17/01/2018) oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh mendapat tanggapan hangat dari Anggota Komite III DPD RI, Rafli Kande.

Rafli mengatakan, masuknya rancangan qanun kepemudaan Aceh di dalam program legislasi Aceh (Prolega) disusul dengan digagasnya Majelis Kesenian Aceh (MKA) menjadi sebuah harapan untuk membangun sektor kepemudaan dan kesenian di Aceh yang lebih baik.

“Hal terpenting adalah lahirnya political will (kebijakan politik yang baik). Sehingga, apapun qanun yang sudah disahkan, atau lembaga yang dibentuk dapat diperhatikan secara serius. Apabila pemerintah benar-benar serius, insya Allah harapan tersebut akan terwujud,” kata Rafli dalam siaran tertulisnya, Sabtu, 2 Juni 2018.

Selain itu, Rafli juga mengatakan bahwa, Aceh memiliki kekhususan yang menjadi kekuatan untuk mengatur berbagai sektor baik itu kepemudaan maupun kesenian. Olehnya, diharapkan pula kepada pemerintah baik yang ada di legislatif dan eksekutif untuk serius memperhatikan Raqan tersebut.

“Sederhananya, apabila pemerintah serius, maka akan lahir pemuda-pemuda yang produktif. Begitupun dengan seniman, akan lahir seniman-seniman yang handal dan mampu mempertanggung jawabkan karyanya kepada publik,” kata Rafli, yang dikenal dekat dengan pemuda dan berlatar belakang seniman.

Pemerintah Aceh, kata Rafli, juga diharapkan dapat mengintegrasikan berbagai kebijakan tersebut dengan kabupaten/kota.

Terakhir, Rafli berharap pula dengan hadirnya Majelis Seniman Aceh, maka nantinya lembaga kesenian tersebut setara dengan Majelis Pendidikan Aceh. Sebab, kata pelantun lagu Ibu itu, hingga saat ini DKA sendiri tidak memiliki dana yang cukup untuk menghelat berbagai kegiatan.

“Saya sudah tanyakan di kementerian, tidak ada dana di DKA. Makanya dengan kekhususan Aceh kita hadirkan Majelis Seniman Aceh, sehingga ruang seni itu lebih meruang,” kata dia.

KOMENTAR FACEBOOK