Tes Urin Mendadak, Satu Pejabat Pijay Terbukti Gunakan Narkoba

ACEHTREND.CO, Meureudu- Pelaksana Jabatan Bupati Pidie Jaya Kamaruddin Andalah, Selasa (5/6/2018) menggelar tes urin mendadak terhadap 135 pejabat eselon II dan III. Satu orang terbukti sebagai pengguna narkoba jenis sabu-sabu, beberapa orang terindikasi dan memerlukan pendalaman.

Kepada aceHTrend, Kamaruddin Andalah menjelaskan tes mendadak itu dilakukan dalam rangka mewujudkan struktur Pemerintah Pidie Jaya yang bebas narkoba. Terhadap pejabat setingkat Kabid yang terbukti menggunakan narkoba itu, akan direkomendasikan oleh PJs untuk ditindak oleh bupati definitif.

“Tes itu mendadak kami gelar dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, sehingga tidak ada yang mengkondisikan. Kita menyambut baik bahwa yang terindikasi tidak banyak dan yang langsung terbukti hanya satu orang dengan indikasi sabu-sabu,” terang Kamaruddin.

Dalam kesempatan itu Kamaruddin menjelaskan dasar hukum pembebastugasan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti menggunakan narkoba, sesuai dengan PP Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN. Kemudian sebelumnya juga ada diatur dalam PP nomor 53 tahun 2010, yang dijabarkan melalui Surat Edaran Menteri PAN RB Nomor 50 tahun 2017.

Untuk pejabat yang belum diuji karena sedang dinas luar, akan dilakukan tes lanjutan dalam waktu dekat.

Tes narkoba yang dibalut dalam evaluasi kinerja PNS itu dilakukan di Pendopo Bupati Pijay di Meureudu. Tes narkoba ini dilakukan dengan kerjasama Pemkab Pijay dengan BNNK Pijay.

KOMENTAR FACEBOOK