Ombudsman Aceh : Usut Tuntas Dugaan Korupsi Beasiswa

Taqwaddin Husin, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Aceh (Dok. aceHTrend)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Dugaan penyelewengan dana beasiswa jalur aspirasi yang disebut-sebut dilakukan oleh oknum anggota DPRA, IU, cukup melukai hati publik Aceh. Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh, Dr. Taqwaddin Husin, SH.,MH, mengatakan bahwa dugaan penyelewengan dana beasiswa tersebut sangat kontra produktif dengan situasi pendidikan Aceh yang sedang miris.

“Secara nasional, rangking pendidikan Aceh masih rendah, sehingga perlu dukungan dana beasiswa bagi siswa dan mahasiswa berprestasi untuk meningkatkan prestasinya, bukan malah dikorupsi,” ujarnya saat dimintai tanggapannya oleh aceHTrend, Selasa (12/6/2018).

Seharusnya, kata Taqwaddin, yang berhak menerima beasiswa tersebut adalah mahasiswa atau siswa berprestasi dengan sistem seleksi dan prosedur tertentu. Lalu dengan mekanisme ini maka mahasiswa berprestasi tersebut berhak menerima beasiswa sesuai dengan kebutuhannya.

Berita terkait :
Begal Dana Beasiswa Aceh, Nama Oknum Anggota DPRA Disebut Dalam Berita Acara
Penyimpangan Dana Beasiswa di Aceh, Di mana Moralitas Dewan!

Hal ini penting dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Aceh. Oleh karena itu, adanya kasus dugaan korupsi atau pungli terhadap beasiswa adalah sangat berlawanan dengan semangat mempercepat kemajuan SDM kita.

“Kami minta agar pihak aparat Hukum mengungkap secara tuntas semua pihak yang melakukan kejahatan ini, mulai dari hilir hingga ke hulu, berupa aktor intelektual yang menginisiasi dan mendesain kejahatan ini. Pokoknya siapapun yang terlibat, semuanya harus bertanggungjawab,” tegas pria yang juga dosen senior di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh itu. []

KOMENTAR FACEBOOK