Kautsar Sang Hafiz Remaja: Perlu Kedisiplinan dalam Menghafal Alquran

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Hafiz remaja yang dalam dua tahun terakhir rutin menjadi imam shalat tarawih keliling di beberapa masjid di Malaysia, Kautsar Zuhri (17), mengatakan, perlu kedisiplinan dalam menghafal Alquran.

“Selain IQ, seorang calon hafiz harus memiliki jadwal harian dalam menghafal surah demi surah dalam Alquran. Jadwal rutin ini harus dipatuhi secara konsisten,” kata Kautsar kepada aceHTrend yang baru dua hari tiba dari Penang usai menunaikan tugas sebagai imam tarawih selama sebulan di sana.

Kalau kita bersedia membuat jadwal dan patuh pada jadwal itu, kata Kautsar, insya Allah target hafalan akan tercapai sesuai sekedul.

Kautsar Zuhri saat ini tercatat sebagai siswa kelas II (naik kelas III) MA MUQ Pagar Air, Aceh Besar.

“Di MUQ sendiri kami punya target hafalan minimal 5 juz setiap tahun. Artinya, dalam enam tahun siswa sejatinya mampu menghafal 30 juz,” lanjut remaja rupawan bersuara merdu ini.

“Setelah bisa menghafal kita juga harus disiplin mengulang-ulangnya. Minimal 1 juz setiap hari. Dan yang paling bagus adalah membacanya dalam shalat,” sambung alumnus TPA Yayasan Ummi Gampong Aree ini.

Meski masih kelas II MA, saat ini Kautsar sudah mampu menghafal 30 juz Alquran. 5 juz terakhir dalam proses pelancaran, ditargetkan lancar pada saat duduk di kelas III MA.

Kautsar punya cita-cita melanjutkan pendidikan S1 Jurusan Ilmu Tafsir ke Timur Tengah, terutama Saudi Arabia. Tapi belum tahu di universitas mana dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa.

Kautsar mengaku punya tekat mengembangkan tahfiz dan tafsir di Aceh sehingga lahir hafiz-hafiz muda yang lebih banyak hingga lahir tafsir kontekstual keacehan dan keindonesiaan.

Kautsar Zuhri dilahirkan di Lamgeulumpang Ulee Kareng Banda Aceh pada 5 Mei 2001. Dia adalah putra kelima pasangan Dr Husaini Ibrahim (arkeolog FKIP Unsyiah) dan Halimatussakdiah M Nur.

Info lebih lanjut tentang Kautsar Zuhri dapat dikontak di nomor WA:085277979167. []

KOMENTAR FACEBOOK