Muka Dua

(Dok. Jobplanet Indonesia) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Menghindari Aksi Si Muka Dua di Tempat Kerja", https://ekonomi.kompas.com/read/2016/09/30/150000126/cara.menghindari.aksi.si.muka.dua.di.tempat.kerja.

Oleh Dr. Fazzan, M.A.

Ada satu jenis orang, bermuka dua. Susah dikenali, karena keberadaannya ibarat musuh dalam selimut. Manusia bermuka dua ini, baru bisa dikenali, ketika kita tidak lagi membawa manfaat bagi dirinya si muka dua.

Orang bermuka dua, selalu menyanjung, dan menampakkan kesalehannya pada orang yang bisa dia ambil keuntungan. Namun ketika orang yang dia sanjung tersandung kasus, umpamanya korupsi, dugaan mesum dan lain sebagainya, maka si muka dua ini termasuk orang yang paling awal buat status dimedia sosial yang isinya melecehkan, meremehkan, bahkan menghina orang yang pernah ia sanjung dan menarik manfaat darinya.

Dan biasanya, si muka dua ini, ketika orang tersebut tidak terbukti atau terbebas dari sandungan masalah itu, dia cepat-cepat menghapus status yang meruntuhkan marwah orang tadi. Dan yang anehnya, dengan percaya dirinya sok mesra kembali dengan orang yang pernah ia jatuhkan, tanpa ekspresi bersalah sedikitpun.

Itulah tabiat si muka dua. Berhati hatilah wahai para pejabat terhadap si muka dua. Sangat berbahaya. Waspalah, si muka dua ada di sekitar kita.

*)Penulis adalah salah seorang akademisi di Aceh, gemar mengikuti perihal politik, hukum dan sosial di Aceh.

KOMENTAR FACEBOOK