Dua Pekan Jelang PKA, Tasulsa Masih Dalam Tahap Renovasi

Kondisi Anjungan Pidie yang sedang direnovasi. @Yelli Sustarina/aceHTrend

ACEHTREND.COM. Banda Aceh – Dua pekan menjelang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII sejumlah anjungan kabupaten/kota yang ada di Kompleks Taman Sultanah Safiatuddin (Tasulsa) masih dalam proses renovasi. Amatan aceHTrend pada Senin (16/7/2018), terlihat sejumlah pekerja sedang memperbaiki masing-masing anjungan kabupaten/kota.

Mandor yang mengontrol pengerjaan anjungan Kota Lhokseumawe dan Aceh Tengah, Muzakir, kepada aceHTrend mengatakan, mereka bekerja siang malam agar anjungan bisa digunakan pada 5-15 Agustus mendatang untuk PKA.

“Mau tidak mau anjungan ini harus siap direnovasi,” ujar laki-laki mantan pegawai Perusahaan Listrik Negara itu.

Beberapa anjungan tidak terlalu banyak lagi yang direnovasi seperti Anjungan Aceh Timur, Bener Meriah, Aceh Tamiang, dan Aceh Tengah yang hanya diperbarui catnya. Namun, ada anjungan yang memang direhabilitasi total seperti Anjungan Pidie.

Bangunan yang menghabiskan anggaran Rp2,3 miliar ini terancam tidak selesai. Pantauan aceHTrend saat berkunjung ke lokasi, bangunan itu masih banyak yang harus dikerjakan seperti lantai, tangga, ruangan atas, dan plafon.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, dan olah Raga Pidie, Drs. Arifin, anjungan itu akan ditargetkan selesai pada 28 Juli 2018.

“Kita berharap anjungan itu selesai dibangun, makanya kita perlu mengontrol bersama agar pembangunan itu terus berlangsung termasuk media juga harus mengonfirmasikan kepada publik jalannya pembangunan ini,” ujar Arifin saat dihubungi aceHTrend pada 12 Juli 2018.

Selain itu, Anjungan Pidie Jaya juga masih dalam tahap renovasi. Lantai bawah yang dulunya dilapisi keramik, sekarang dibongkar dan diganti dengan marmer. Hanya saja materialnya belum tiba ke lokasi, sehingga pekerjaannya pun menjadi terbengkalai.

“Sudah empat hari kami menunggu bahan marmer, tapi sampai sekarang belum pun dikirim dari Medan. Kalau cepat, kan langsung bisa dipasang,” kata pekerja di Anjungan Pidie Jaya.

Sedangkan untuk interior anjungan seperti pelaminan adat dan aksesoris lainnya, hampir seluruh anjungan mengerjakannya di tanggal 2 Agustus 2018.[]

Wartawan : Yelli Sustarina
Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK