PKPI, Berkarya dan Perindo Abdya Absen di Pileg 2019

Agus Mudaksir (Foto: aceHTrend)

ACEHTREND.CO, Blangpidie – Sebanyak tiga partai politik (Parpol) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diketahui tidak mendaftarkan nama-nama bakal calon legislatif (bacaleg)-nya ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya, sehingga ketiga parpol tersebut bakal absen dalam pemilihan umum legislatif 2019.

Kepala Bagian Humas dan Teknis Pemilu KIP Abdya, Agus Mudaksir, Rabu (18/7/2018) mengatakan, tiga parpol yang belum mendaftarkan bacalegnya tersebut, yaitu Partai Berkarya, Perindo dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

“Ketiga partai nasional itu hingga Rabu (18/7) tepatnya pukul 00.00 tengah malam belum juga mendaftarkan bacalegnya ke KIP Abdya, sehingga sudah dapat dipastikan tidak berpartisipasi di pileg tingkat Kabupaten Abdya 2019,” papar Agus.

Agus mengaku tidak mengetahui apa penyebab ketiga Parpol tersebut tidak mendaftarkan bacalegnya ke KIP hingga batas waktu yang telah ditetapkan. Karena kata Agus, pihak partai tersebut sama sekali tidak pernah melakukan konfirmasi ke pihak KIP setempat.

“Sama sekali tidak ada konfirmasi ke kita. Jadi, saya tidak tau apa penyebab ketiga Parpol tersebut tidak mendaftarkan bacalegnya ke KIP Abdya,” ungkapnya.

Agus menjelaskan, hingga batas waktu penutupan pukul 00.00 WIB tengah malam, jumlah partai politik yang telah mendaftarkan bacelgnya ke KIP Abdya berjumlah sebanyak 17 parpol yang terdiri dari empat partai lokal dan 13 partai nasional.

Adapun kee 13 partai nasional yang telah mendaftarkan bacalegnya ke KIP Abdya, yakni PKB, Gerindra, Golkar, Nasdem, Garuda, PKS, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB, dan PDI-P.

Sedangkan partai lokal, yaitu Partai Aceh (PA), Partai Nasional Aceh (PNA), Partai Suara Independen Rakyat Aceh (SIRA), dan Partai Damai Aceh (PDA).

“PDA yang terakhir mendaftarkan bacalegnya KIP Abdya pada pukul 23.30 WIB,” pungkas Agus.

Wartawan : Masrian Mizamni
Editor : Irwan Saputra