Menatap Indah Samudera Hindia dari Puncak Geurute

Pemandangan Samudera Hindia yang bisa dilihat dari Puncak Geurute. Foto: Yelli (aceHTrend)

Di atas puncak Geurute, kita bisa menatap alunan ombak nun di bawah yang seakan-akan berkejar-kejaran menuju pantai. Semburat matahari yang berkilauan di atas permukaan air yang hijau kebiruan, membuat kita bisa rehat manja sembari melepas penat.

Bila Anda melewati lintas barat selatan, jangan lupa singgah ke Puncak Geurute. Gunung yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Aceh Besar dengan Aceh Jaya ini mempunyai puncak yang begitu indah dan memesona.

Di sepanjang jalan di Gunung Geurute terdapat warung-warung kecil berjejer, menghadap ke arah pantai. Di warung ini kita bisa melepaskan pandangan ke Samudera Hindia. Terdapat juga dua pulau kecil yang dulunya menyatu dengan daratan Kabupaten Aceh Jaya. Namanya Ujung Sedun, pulau kecil tidak berpenghuni itu dulunya tempat pemukiman warga Aceh Jaya.

“Saat tsunami melanda Aceh tahun 2004, Ujung Sedun yang berupa tanjung ini disapu gelombang tsunami. Akibatnya bagian tengahnya sekarang menjadi lautan sehingga terpisahlah antara daratan Aceh dan Ujung Sedun yang kini berbentuk pulau,” ujar Bahrul, guide yang memandu aceHTrend kemari.

Bersebelahan dengan Ujung Sedun terdapat Pulau Keluang yang juga tak berpenghuni. Pulau ini hanya bisa dikunjungi oleh laki-laki karena ada qanun gampong di Aceh Jaya yang melarang perempuan untuk pergi ke Pulau Keluang. “Perempuan tidak dibolehkan melaut,” tambah Bahrul yang sudah pernah pergi ke Pulau Keluang.

View Puncak Geurute. Foto: Yelli (aceHTrend)

Tidak hanya pemandangan indah yang memanjakan mata, sesekali kawanan monyet turun ke jalan dan menghampiri pengunjung yang memberikan makanan kepadanya. Jika beruntung, kita akan bisa melihat siamang sejenis kera hitam berlengan panjang dan hidup di pohon-pohon.

Jangan khawatir kelaparan, di sini berbagai menu makanan dan minuman seperti mie rebus pakai telur, buah durian, kelapa muda, kopi, dan lainnya tersedia. AceHTrend memilih untuk menikmati durian sambil menatap indahnya Puncak Geurute. Untuk satu durian dibandrol dengan harga Rp30.000 – Rp50.000 tergantung besar dan kualitas buah duriannya. Bila membeli lebih dari satu buah, maka akan mendapatkan potongan harga. AceHTrend mendapat potongan harga Rp5.000 karena membeli dua buah durian yang harga Rp30.000 menjadi Rp25.000 per buahnya.

Rasa buah durian di Puncak Geurute ini memang mantap. Selain rasanya yang manis dan nikmat, pemandangan yang ada di puncak Geurute ini membuat kita betah berlama-lama di sini apalagi bersama dengan orang terkasih dan keluarga tercinta.

Bagi Anda yang butuh bersantai sejenak memanjakan pandangan sembari liburan bersama keluarga, Geurute pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Banda Aceh, hanya sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Wartawan: Yelli Sustarina

KOMENTAR FACEBOOK