Mendikbud Buka PKA VII

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Dr. Muhadjir Effendy, secara resmi membuka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu malam, (5/8/2018)

PLT Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mantan ketua Komisi Pendidikan dan kebudayaan DPR RI Teuku Riefky Harsya dan sejumlah pejabat dari Aceh maupun dari Jakarta juga turut hadir dalam acara pembukaan ini.

Acara pembukaan event empat tahunan ini diawali dengan penabuhan rapa-i pasee oleh Grup Raja Buwah dengan alunan syair ‘wamulee’ yang akan dilantunkan oleh penyanyi Aceh, Joel Pasee.

Usai pembacaan ayat suci Alquran oleh Takdir Feriza selanjutnya. Penyanyi muda Aceh, Syahrial menyanyikan lagu tema PKA ke-7 yang dilanjutkan dengan defile perserta dari kabupaten/kota yang ada di Aceh.

Usai defile Mendikbud Muhajir Effendi memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PKA ke-7 yang disertai pemukulan rapa-i pasee secara bersamaan.

Atraksi pamungkas pada malam ini adalah tari guel, teater, dan acara puncak yaitu penampilan tari massal oleh 1.100 penari dengan tema ‘Aceh Lhee Sagoe’, yang melibatkan 33 sanggar tari dan teater di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Sejumlah pihak keamanan dari Polresta Banda Aceh dibantu Polda Aceh dan TNI tampak mengawal ketertiban acara yang dimulai sejak pukul 20.30 WIB tersebut. Pantuan aceHTrend ribuan masyarakat mulai memadati lokasi acara sejak sore hari tadi, namun kondisi di lapangan terlihat tertib dan aman.[]

Wartawan : Fauzi Cut Syam
Editor: Muhajir Juli

KOMENTAR FACEBOOK