Kepada Jokowi Meurah Sakti Sebut Subulussalam Miniaturnya Indonesia

ACEHTREND. COM, Banda Aceh – Wali Kota Subulussalam Meurah Sakti memperkenalkan Subulussalam kepada Presiden RI Joko Widodo sebagai miniaturnya Indonesia.

Disebut miniatur Indonesia karena Subulussalam menjadi kota yang dihuni oleh beragam warga dari berbagai suku dengan ragam budaya, termasuk juga beragam keyakinan beragama.

“Meskipun sangat beragam tapi Subulussalam selalu menjadi kota damai, bahkan sejak masa zaman konflik. Subulussalam selalu kompak,” kata Meurah Sakti, Rabu (8/82018)

Kesempatan memperkenalkan Subulussalam kepada Jokowi itu terjadi pada Juli 2018. “Saat itu ada pertemuan Wali Kota dengan Presiden, dan kami yang bertemu di group tiga, jadi lebih leluasa berdialog dengan Jokowi, ” cerita Meurah Sakti.

Meurah Sakti juga menyampaikan bahwa Jokowi sangat menaruh perhatian terhadap apa yang disampaikannya. “Beliau sangat gembira dengan gambaran Subulussalam, dan saya juga mengundang beliau untuk berkunjung ke Subulussalam, ” tambah Meurah Sakti.

Kepada Jokowi, Meurah Sakti juga menyampaikan usulan-usulan program strategis yang membutuhkan dukungan Pemerintah Pusat, salah satunya untuk mendukung pembenahan jalan nasional Aceh-Medan, Sumatera Utara via Kabupaten Pakpak Bharat.

Selain itu, Wali Kota Subulussalam itu juga meminta ada ‘kekhususan’ daerah ini dalam menentukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini.

Menurut Sakti, kekhususan yang dia maksud menyangkut dalam penentuan kelulusan untuk memprioritaskan warga setempat atau orang daerah.

Hal ini, kata Meurah Sakti agar tidak terjadi Subulussalam sekadar batu loncatan bagi PNS.

Sebab, lanjutnya, selama ini akibat tidak ada ada kekhususan untuk memprioritaskan warga asli Subulussalam banyak orang luar menjadi PNS di sana lalu beberapa tahun kemudian meminta pindah ke kampung asalnya.

“Beliau sangat antusias untuk membantu, bahkan sampai menyebut angka rupiah yang lumayan besar, yaitu Rp50 miliar, dan beliau berjanji akan mengkoordinasikannya dengan menteri, ” tutup Meurah Sakti kepada awak aceHTrend, di Tibang. []

KOMENTAR FACEBOOK