Kejari Abdya Proses Dugaan Penyelewengan Dana Desa Gelanggang Gajah

Kasi Intel Kejari Abdya, Dasril

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Barat Daya, Abdur Kadir, melalui Kasi Intel, Dasril, mengatakan pihaknya tetap memproses kasus dugaan penyelewengan Dana Desa yang dilakukan oknum Geuchik Gampong Geulanggang Gajah, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya.

“Kasus itu masih dalam tahap proses penyelidikan. Untuk kerugian negara belum bisa kita pastikan sebab kasus itu masih terindikasi, maka untuk membuktikan indikasi penyelewengan tersebut ada atau tidak, maka kita terus melakukan proses penyelelidikan,” ujar Dasril, saat dikonfirmasi aceHTrend, Jumat (10/8/2018).

Menurut Dasril, untuk membuktikan benar atau tidaknya dugaan penyelewengan Dana Desa, pihak Kejari akan memanggil pihak-pihak terkait serta mengumpulkan bukti-bukti atas kasus tersebut.

“Nanti kita baru tau apakah perbuatan yang bersangkutan melawan hukum atau tidak. Jika yang dilakukan oleh yang bersangkutan nantinya terbukti melawan hukum dan merugikan negara, maka kasusnya akan kita tingkatkan, begitu juga sebaliknya,” jelas Dasril.

Untuk sementara, Kata Dasril, Kejari sudah memanggil beberapa pihak terkait dalam Kasus itu. Untuk selanjutnya Kejari Abdya juga akan memanggil beberapa pihak terkait lainnya untuk kelancaran proses penyelidikan kasus dugaan penyelewengan Dana Desa tersebut.

“Setelah selesai pemanggilan pihak-pihak terkait kita lakukan, baru nantinya kita akan mengetahui kasus ini seperti apa,” paparnya.

Dasril membeberkan, meskipun Geuchik Gampong Gelanggang Gajah sudah melakukan upaya PTUN terkait pemberhentiannya dari jabatan geuchik, tetapi hasil PTUN tidak berpengaruh pada proses penyelidikan yang sedang dilakukan oleh Kejari Abdya.

“Tidak ada pengaruh hasil PTUN dengan proses penyelidikan yang kita jalankan, sebab PTUN yang dilakukan berkaitan dengan SK tugas sebagai geuchik,” kata Dasril.[]

Wartawan : Masrian Muzani
Editor : Ihan Nurdin