ACEHTREND.COM, Jakarta – Setelah sukses melaksanakan Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) tahun lalu, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) bekerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID)-CEGAH kembali menggelar Festival Film Kawal Harta Negara untuk yang kedua kalinya.

Peluncuran festival diadakan di Jakarta pada (24/4) dengan sejumlah kategori yang dikompetisikan antara lain film fiksi, film dokumenter, dan video jurnalisme warga (citizen journalism) dengan durasi dibawah 30 menit.

Seluruh kategori ini terbuka untuk pelajar dan umum. Pengiriman karya peserta mulai dibuka sejak 20 April 2018 dan ditutup pada 20 Agustus 2018.

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK RI, R.Yudi Ramdhan mengatakan pada tahun jumlah karya yang mendaftar mencapai 176 karya. Tahun dirinya berharap akan ada lebih banyak anak muda yang mau ikut terlibat mengekpresikan keresahan dan pemikiran mereka melalui film.

Menurutnya, tujuan dari penyelenggaraan Festival Film Kawal Harta Negara adalah untuk mendorong partisipasi publik, khususnya pelajar, pembuat film, dan komunitas kreatif di Indonesia untuk mengirimkan film yang bercerita tentang produk, pencapaian, peran, dan fungsi BPK dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

“Kami mengharapkan, dari film-film yang dikreasikan oleh para filmmaker, nantinya akan meningkatkan kesadaran publik terhadap laporan hasil pemeriksaan BPK,” papar R.Yudi

Para pemenang akan diumumkan di acara Awarding Night pada September 2018. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, dapat diakses di: http://www.bpk.go.id/news/2nd-festival-film-kawal-harta-negara