Ke Festival Kuliner Jangan Lupa Cicipi Sirup Belimbing di Stan Aceh Timur

ilustrasi@lulukmaunah.wordpress.com

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Kabupaten Aceh Timur menjual sirup belimbing wuluh atau boh limeng sebagai salah satu produk unggulan daerah itu di stan Festival Kuliner Pekan Kebudayaan Aceh VII di Kompleks Taman Sultanah Safiatuddin Banda Aceh.

Sepintas, rasa sirup ini mirip dengan sirup asam jawa atau tamarin yang menyegarkan. Namun tetap memiliki cita rasa yang khas. Warnanya kecokelatan. Sirup ini dijual Rp5 ribu per cup.

“Sirup ini terbuat dari boh limeng, rasanya segar,” kata Cut Tihawa, penjaga stan Aceh Timur di lokasi Festival Kuliner kepada aceHTrend, Sabtu (11/8/2018).

Sirup belimbing ini kata Cut Tihawa merupakan inovasi dari belimbing sayur yang selama ini menjadi bahan baku utama pembuatan asam sunti.

“Cara membuatnya sangat mudah, kita ambil daging buahnya kemudian diblender dan dimasak sampai kental dengan gula pasir,” katanya.

Nantinya sari buah belimbing yang dimasak itu akan mengental dan saat hendak dikonsumsi harus dicampur dengan air putih. Supaya lebih segar bisa ditambahkan es batu.

Selain sirup belimbing, di stan ini juga menjual beberapa produk makanan lainnya seperti tapai, meuseukat, dan haluwa. Mereka juga mendemonstrasikan cara membuat lemang kepada pengunjung pada Sabtu malam.[]