KPM Graduasi & Anak KPM Berprestasi Ikut Gebyar Kemensos RI

Pendamping dari Dinsos Aceh berfoto bersama KPM Graduasi dan Anak KPM Berprestasi di Buperta Jakarta Timur. Foto: Ist)

ACEHTREND.COM, Banda Aceh- Dalam rangka memberikan apresiasi kepada keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), Kementerian Sosial RI menyelenggarakan Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia.

Acara tersebut berlangsung pada 12 Agustus 2018 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Lapangan Utama Cibubur Jakarta Timur. Dari Provinsi Aceh, terpilih tiga KPM Graduasi Mandiri dan lima anak KPM berprestasi. Dari Aceh mereka didampingi oleh Dinas Sosial Provinsi Aceh.

Tiga KPM Graduasi Mandiri tersebut adalah, Suriana yang sukses dengan usaha jualan pulsa elektrik, Raflidar Hamdan dengan usaha ikan keumamah, dan Ruslaini yang membuka usaha jahit baju. Sementara dari anak KPM berprestasi masing-masing, Hurairah juara I cabang Hapkido di ajang Nak Bop Long, Rahmatillah juara MTQ di Jawa Barat, Khusnul Hatimah juara I Taekwando tingkat nasional Komando Cup di Medan Tahun 2018, dan Ade Prianggai juara menulis artikel generasi penerus bangsa.

Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial Aceh, Cut Aja Muzita SSTP MPA, mengungkapkan, para KPM PKH yang dibawa ke Gebyar Kementrian Sosial adalah mereka yang sudah berhasil bangkit dari keterpurukan ekonomi berkat adanya PKH.

Cut Aja mencontohkan Raflidar Hamdan, KPM PKH yang berdomisili di Blang Oi, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh ini berhasil dengan usaha pengolahan Eungkot Keumamah (lkan Kayu Khas Aceh) yang dimulai sejak tahun 2007, dan sampai sekarang cukup lancar berkat dibantu oleh suami dan dua orang yang dipekerjakannya. “Saat ini Raflidar sudah keluar dari garis kemiskinan,” kata Cut Aja melalui pesan WhatsApp, Sabtu (12/8/2018).

Sementara anak PKH yang berprestasi, Cut Aja mencontohkan Mahreza Nursy dan Khusnul Hatimah, yang masing-masing berasal dari Gampong Ilie Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh. Keduanya mengukir prestasi di bidang olahraga.

Mahreza, anak dari KPM Siti Maheran ini cukup membanggakan keluarganya, karena sudah banyak mengikuti kejuaraan tingkat nasional di bidang olahraga atletik.

Sementara Khusnul, juara Taekwondo yang saat ini masih tercatat sebagai siswa kelas 12 SMAN 9 Banda Aceh ini adalah anak dari KPM Yunita Indra Sari.

“Inilah tujuan PKH kepada keluarga kurang mampu, agar menjadi investasi generasi masa depan melalui peningkatan kesehatan dan pendidikan,” kata Cut Aja.[]