Indonesia Sudah Tenggelamkan 363 Kapal Asing

Kapal nelayan asing yang ditenggelamkan @kompas

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan sejauh ini telah menenggelamkan 363 kapal asing yang ditangkap di seluruh perairan Indonesia.

Penenggelaman kapal-kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia ini merupakan salah satu kebijakan Menterti Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti dalam menjaga sumber daya laut Indonesia.

“Insyaallah nanti ada 77 kapal lagi yang akan ditenggelamkan,” kata Staf Ahli Bidang Ekologi, dan Sumber Daya Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia, Aryo Hanggono, mewakili Menteri Susi Pudjiastuti dalam Seminar Internasional Kebudayaan dan Kemaritiman PKA VII di Anjong Monmata Banda Aceh, Senin, 14 Agustus 2018.

Kapal-kapal asing yang ditangkap itu kata Aryo, menggunakan alat tangkap trol. Menjawab pertanyaan salah satu peserta yang menanyakan mengapa kapal itu tidak diserahkan saja kepada nelayan, Aryo menjelaskan, kapal-kapal itu tidak bisa diberikan kepada nelayan Indonesia karena alasan teknis dan biaya operasional yang besar.

“Kita juga khawatir kalau yang kesulitan modal nanti dijualnya meskipun belum tentu terjadi. Kalau ini dipakai nelayan kita, kita juga akan sulit membedakan apakah kapal tersebut milik kita atau kapal asing, akan jadi masalah lagi,” ujarnya.

Selain menenggelamkan kapal-kapal asing, Kementerian Kelautan juga memiliki program lain yaitu gerakan mengonsumsi ikan sebagai upaya pemenuhan asupan protein hewani bagi masyarakat Indonesia.

Satu hal yang harus disadari oleh masyarakat Indonesia kata Haryo yaitu, ke depan yang terjadi adalah perang pangan. Jangan sampai Indonesia yang kaya akan sumber daya laut dalam hal ini hasil ikannya justru menjadi negara yang tingkat konsumsi ikan lautnya sangat rendah.[]

KOMENTAR FACEBOOK