PKA Tinggal Dua Hari Lagi, Sudah Berkunjung?

Demonstrasi prosesi lamaran masyarakat Melayu Taming di Anjungan Aceh Tamiang @Ihan Nurdin/aceHTrend

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Event Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII tinggal dua hari lagi. Beragam budaya dan kuliner daerah dipamerkan di sana. Sudahkah Anda mengunjunginya?

Kegiatan PKA yang berlangsung selama 10 hari sejak 5-15 Agustus 2018 itu digelar di sejumlah tempat. Di antaranya, di Taman Sultanah Safiatuddin di Lampriet, Blang Padang, Taman Sari, dan Museum Rumoh Aceh. Beda lokasi, beda acara yang ditampilkan.

Di Taman Sultanah Safiatuddin, pengunjung dapat melongok budaya-budaya setiap daerah dengan mengunjungi setiap anjungan. Di sana, setiap kabupaten/kota memamerkan produk andalan dan budaya-budaya mereka.

Pengunjung pun dapat mengetahui tentang satu daerah dengan melihat dan bertanya langsung pada penjaga anjungan. Selain itu, tentunya pengunjung juga dapat berswafoto ria dengan adat budaya yang dipamerkan di setiap anjungan.

Tak hanya budaya, di Taman Sultanah Safiatuddin juga disediakan makanan-makanan lezat khas setiap kabupaten. Setiap harinya, ada 300 porsi makanan dibagikan secara gratis. Jika ingin membeli untuk disantap bersama keluarga, di lokasi Festival Kuliner tersebut juga disediakan dengan harga termurah Rp 5 ribu.

Sementara di panggung utama di lokasi PKA di Taman Sultanah Safiatuddin, setiap kabupaten/kota juga menampilkan ragam kegiatan. Acara yang dihadirkan di sini juga menarik untuk disaksikan.

Sedangkan di Taman Sari, digelar event SUWA dan pameran foto karya fotografer yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh. Di Museum Aceh, ada pemeran sejarah bertajuk Aceh History Expo.

“Pekan Kebudayaan Aceh adalah sebuah momen pagelaran khasanah budaya rakyat yang telah berlangsung di Aceh sejak tahun 1958. Kegiatan PKA ini pada prinsipnya diselenggarakan untuk memperkuat rasa persaudaraan sesama rakyat Aceh melalui kegiatan budaya dan syiar agama, mengingat ada banyak ragam budaya yang berkembang di daerah ini,” kata Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah beberapa waktu lalu.

PKA sendiri digelar empat tahun sekali. Jika Anda tidak berkunjung tahun ini, harus menunggu tahun 2022 nanti. Jadi, yuk ke PKA mumpung masih ada dua hari lagi![]

KOMENTAR FACEBOOK