BPBA Uji Sirene Tsunami Setiap Tanggal 26

ACEHTREND.COM – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) akan membunyikan suara asli (real sound) sirene tsunami di enam lokasi yang akan berlangsung mulai Agustus 2018 setiap tanggal 26 pada pukul 10.00 Wib.

Keenam lokasi tersebut mencakup:
1. Sirene Kajhu di Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar
2. Sirene Lhoknga di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar
3. Sirene Lam Awe di Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar
4. Sirene Kantor Gubernur di Kecamatan Bandar Baru, Kota Banda Aceh
5. Sirene Lampulo di Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh
6. Sirene Blang Oi di Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh

Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek SH menginformasikan kepada masyarakat Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar yang berada di lokasi tersebut, apabila mendengar suara asli (real sound) sirene tsunami pada setiap tanggal 26 pukul 10.00 Wib dihimbau untuk tetap tenang dan tidak panik.

“Tetaplah melaksanakan aktivitas seperti biasa. Suara sirene pada tanggal tersebut hanya untuk uji real sound perangkat sirene tsunmi yang kita punya. Ini bagian dari early warning tsunami system, agar masyarakat kita semakin peka atau responsif terhadap isyarat bencana, ” kata Teuku Ahmad Dadek.

Ditambahkan, tanggal 26 sengaja dipilih sebagai tanggal untuk membunyikan sirene tsunami guna mengenang peristiwa tsunami dahsyat yang melanda Aceh akibat dipicu oleh gempa 9,3 Skala Richter pada 26 Desember 2004.

“Setelah peristiwa itu setiap warga Aceh harus semakin meningkat kesadarannya dalam upaya pengurangan risiko bencana,” demikian Teuku Ahmad Dadek. []