Ustaz Ihsan Jufri: Belajarlah dari Kesabaran Nabi Ibrahim

Ustaz Ihsan Jufri saat memberikan khutbah di Mesjid At-Taqwa Babahrot, Abdya. @Masrian Mizani/aceHTrend

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Banyak contoh prinsip hidup yang bisa diambil dari kisah Nabiyullah Ibrahim a.s dan keluarganya. Di antaranya sikap kehambaan Ibrahim kepada Allah sang pemilik atas segala-galanya.

“Bagi Ibrahim, selalu berdoa kepada Allah atas setiap keinginan dan permasalahan merupakan solusi yang terbaik, karena Allah lah yang Mahamenerima doa,” kata Ustaz Ihsan Jufri dalam ceramah Idul Adha di Mesjid At-Taqwa Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya, Rabu, 22 Agustus 2018.

Kepada jemaah Ustaz Ihsan menyampaikan, seorang mukmin harus memiliki semangat dalam berusaha dan mencari rizki yang halal. Hal itu bisa dilihat dari kesungguhan istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar ketika mencari air di padang pasir untuk diberikan kepada Nabi Ismail yang dilanda kehausan.

“Sungguh kesabaran dan kokohnya iman Nabi Ibrahim dalam menghadapi segala cobaan dari Allah menjadi sebuah pelajaran bagi kita semua. Belum lagi di saat Ibrahim harus menerima ujian dari Allah untuk menyembelih Ismail. Namun keteguhan Ibrahim sungguh tidak tergoyahkan oleh hasutan dan bujukan setan di kala itu, sebab bagi Ibrahim, iman kepada Allah tetap tetap tidak akan ia gadaikan,” kisah Ustaz Ihsan.

Ustaz Ihsan berpesan, agar setiap manusia yang hidup di atas bumi Allah untuk tidak menyombongkan diri karena tahta dan harta, sebab kesombongan akan mendatangkan celaka bagi diri sendiri.

“Qarun terkenal dengan kekayaannya, tapi dia sombong dan kufur kepada Allah, akhirnya Qarun ditenggelamkan oleh Allah, kemudian Namrud terkenal dengan jabatan dan kekuasaannya, karena dia sombong dan kufur atas nikmat yang diberikan Allah, akhirnya Namrud juga dibinasakan Allah,” ujar Ustaz Ihsan.[]

Editor : Ihan Nurdin