Grup Musik Etnik Aceh Singkil Bakal Tampil di Penutupan Asian Games

Personel Destanada II Aceh Singkil

ACEHTREND.COM, Singkil – Grup musik etnik Destanda II Aceh Singkil bakal tampil dalam seremoni penutupan Asian Games pada 2 September 2018 mendatang di Stadion Utama GBK Jakarta. Kepastian ini disampaikan salah satu personel Destanada II, Rafliansyah, kepada aceHTrend, Jumat, 24 Agustus 2018.

“Betul, melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata Aceh Singkil, grup musik etnik Destanada II diundang panitia Asian Games untuk tampil pada acara penutupan pesta olahraga terakbar se-Asia itu,” ungkap Rafliansyah.

Menurut Rafliansyah, tiket keberangkatan via Bandara Kualanamu-Sumuatera Utara dengan maskapai Lion Air telah disediakan panitia. Pihaknya tinggal menunggu hari keberangkatan saja.

Rafliansyah dan personel lainnya mengaku bersyukur pada Allah Swt dan merasa gembira serta bangga adanya undangan dari pantia penutupan Asian Games.

“Perasaan kami senang, bangga sekaligus seperti bermimpi. Karena kami tidak menyangka musik yang dianggap orang selama ini kampungan (musik Etnik) bisa membawa kami tampil di Jakarta dalam momen Asian Games pula. Kami rasa ini sejarah yang membanggakan buat tim Destanada II dan daerah Aceh Singkil,” tutur Rafliansyah.

Apalagi tambah Rafliansyah, ini merupakan penampilan pertama mereka di Jakarta. Dan bakal disaksikan ribuan pasang mata yang datang dari berbagai negara.

Adapun personel Destanada II yang berangkat ke Jakarta berjumlah enam orang, yaitu Rafliansyah (rapa-i dan vokal), Andri Juliswan (canang kayu Singkil), Hendra Gunawan (bass), Risqan Fitrah Manik (rapa-i), M Syafrizal Alim (seruling), dan Amanda Putra Utama (vokal).

Rafliansyah berharap, penampilan mereka bisa maksimal nanti. Selanjutnya bisa bermusik di kancah nasional.

Catatan aceHTrend, grup musik bergenre etnik yang menonjolkan alat musik canang kayu ini, pernah meraih juara I pada event akbar Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 dalam lomba seni musik garapan.[]

Editor : Ihan Nurdin