14Munir, yang Terhukum Sudah Bebas, yang Terduga Masih Juga Bebas

ACEHTREND. COM, Jakarta – Pollycarpus Budihari Prijanto, terpidana pembunuhan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib, telah bebas murni hari ini, Rabu, 29 Agustus 2018.

Status hukum bebas murni Pollycarpus ini menyebar cepat melalui media massa usai disampaikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Krismono.

“Pollycarpus itu sudah menjalani pembebasan bersyarat sejak 2014. Dan sekarang, sudah selesai pembebasan bersyaratnya itu, dan sudah bebas murni” ujar Krismono saat dihubungi awak media,
Selasa (28/8/2018).

Sebelumnya, Pollycarpus menyandang status hukum bebas bersyarat sejak 28 November 2014. Pollycarpus bebas bersyarat berdasarkan Surat Keputusan Pembebasan Bersyarat (SKPB) yang dikeluarkan Kementerian Hukum dan HAM tanggal 13 November 2014.

Pollycarpus sudah bebas murni dari hukumannya sebagai terpidana pembunuhan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib. Sedangkan beberapa nama yang masih diduga terkait dalam pemufakatan jahat pembunuhan Munir juga masih bebas, belum tersentuh hukum.

Hal itu karena sampai saat ini dokumen TPF Kasus Munir belum juga diumumkan oleh Pemerintah Jokowi. Upaya Koalisi LSM untuk mendorong agar pemerintah segera membuka dokumen TPF masih belum mendapat respon dari istana.

“Beberapa hari lalu, kami kesulitan saat hendak menyampaikan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di Sekretariat Negara (Setneg) kami sempat dihadang Paspamres,” kata Deputi Koordinator KontraS, Malik Feri Kusuma saat mengkisahkan lagi kejadian Kamis (25/8) lalu kepada aceHTrend.

Surat itu disebut Feri akhirnya hanya diterima oleh salah saru staf administrasi dari Kemensetneg. “Sangat disayangkan, awalnya kami ingin menyampaikan langsung kepada Jokowi, ” sebut Feri Kusuma yang mengaku akan memperingati 14 Tahun Munir. []

KOMENTAR FACEBOOK